Mahasiswa Fasilkom UI Juarai Kompetisi Keamanan Siber Nasional ‘Capture The Flag’ Techcomfest 2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa Fasilkom UI Juarai Kompetisi Keamanan Siber Nasional ‘Capture The Flag’ Techcomfest 2024

Depok, 24 Januari 2024 – Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) sukses menjuarai kompetisi keamanan siber skala nasional kategori Capture the Flag (CTF) pada gelaran Techcomfest 2024 di Semarang, Jawa Tengah. Tim CyberPewPew yang beranggotakan tiga mahasiswa jurusan Ilmu Komputer angkatan 2021 yaitu, Emir Shamsuddin Fadhlurrahman, Kevin Alexander, dan Vinsen Wijaya berhasil mendapat juara ketiga dalam kompetisi CTF usai menyelesaikan soal pertanyaan Jeopardy selama lima jam 40 menit dalam laga final.

Tim CyberPewPew Fasilkom UI sebelumnya juga sudah mengikuti babak penyisihan yang digelar sejak 30 Desember 2023 lalu. Sekilas mengenai kompetisi kategori CTF merupakan jenis kompetisi hacking di mana individu atau kolega untuk mengambil sebuah file atau string yang sebelumnya sudah disembunyikan oleh sistem dan hal ini disebut ‘flag’.

CTF biasanya memerlukan gawai seperti laptop pribadi dan diperbolehkan untuk menyiapkan skrip-skrip atau program yang sudah ditentukan. Untuk tipe CTF yang diperlombakan kali ini adalah Jeopardy. Jeopardy merupakan sistem program berbentuk server untuk menyimpan soal di mana para peserta nantinya harus memecahkan permasalah melalui soal-soal. Tujuannya tetap sama yaitu mencari string atau flag yang disembunyikan oleh server. Kompetisi Techcomfest 2024 ini juga diikuti oleh beberapa kampus ternama seperti, Binus University, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gunadarma.