Tentang Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) adalah tempat yang menantang orang-orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan bersemangat untuk berimajinasi dan berkarya di bidang ilmu komputer dan sistem informasi.

Fasilkom UI merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di dunia dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Dengan riset yang mutakhir, start-up inovatif, ambisi yang besar, pembelajaran yang hands-on, dan robot-robot pintar, Fasilkom UI tidak hanya membayangkan masa depan, tapi juga turut membuatnya.

2.800+ mahasiswa

Terbaik dari seluruh penjuru nusantara

80+ dosen

Lulusan perguruan tinggi top dunia

60.000+ alumni

Dengan jaringan yang tersebar di tujuh benua

Sejarah

1972

Sejarah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia tidak dapat dipisahkan dari pendirian Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) pada tahun 1972.

1986

Berangkat dari desakan dari berbagai pihak kepada UI untuk menyelenggarakan program pendidikan ilmu komputer, maka pada tahun 1986 Pusilkom UI mulai menyelenggarakan program studi ilmu komputer untuk jenjang sarjana.

1988

Mengikuti perkembangan dan permintaan akan program studi yang mendalami ilmu komputer pada level yang lebih tinggi, Pusilkom UI resmi membuka program studi Magister Ilmu Komputer pada tahun 1988.

1993

Semua program studi yang sudah ada kemudian bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) yang secara resmi terbentuk pada tahun 1993.

1996

Program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) resmi dibuka. Perkuliahan MTI dilaksanakan di kampus UI Salemba.

1998

Menjelang akhir milenium, Fasilkom UI memulai program doktoral ilmu komputer pertama di Indonesia pada tahun 1998.

2002

Menanggapi permintaan akan talenta ilmu komputer dengan wawasan global, Fasilkom UI membuka program studi ilmu komputer kelas internasional.

2007

Seiring dengan meningkatnya peran ilmu komputer dalam konteks organisasi, Fasilkom UI membuka program studi Sistem Informasi pada tahun 2007.

Visi

Fakultas Ilmu Komputer UI sebagai pusat unggulan di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Indonesia yang diakui oleh masyarakat ilmiah internasional, sehat secara organisasi dan berkontribusi secara nyata pada peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

Visi ini mengandung makna bahwa Fasilkom UI bertekad menjadi “top referral” bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia. Artinya, Fasilkom UI harus menjadi institusi terdepan dalam mengembangkan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia.

Visi ini dipilih karena secara historis, Fasilkom yang lahir dari Pusilkom merupakan institusi pertama di Indonesia yang berkecimpung dalam bidang ilmu komputer. Disamping itu, sumber daya yang dimiliki sangat memadai untuk menjadi institusi yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Misi

Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan kompetitif, tidak hanya dalam pasar lokal, namun juga global.

Penelitian & Pelayanan

Menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan daya saing bangsa.

Program Penjangkauan

Bertanggung jawab secara moral dan sosial pada pengembangan kecerdasan dan martabat bangsa.

#1 Juara Umum

di Indonesia(GEMASTIK 2016-2020)

Tim-tim Fasilkom UI menjadi bagian dari kontingen UI pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) yang berhasil menjadi Juara Umum dari kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2020).

#21 in Competitive Programming

in the world(ICPC 2019 World Finals)

Berdasarkan data hasil 43rd Annual World Finals International Collegiate Programming Contest (ICPC) tahun 2019, tim Fasilkom UI menduduki peringkat ke-21 dunia, setara dengan beberapa universitas ternama di dunia lainnya seperti Harvard University dan Stanford University

#251 in Computer Science & Information Systems

in the world(QS World University Rankings by Subject 2020)

Pemeringkatan universitas tingkat internasional Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking pada bulan Maret 2020 yang lalu menempatkan Fasilkom UI para peringkat 251-300 di dunia dalam bidang Computer Science and Information Systems.