Beasiswa

Buat aku, meskipun kakiku gak ada, aku pasti bisa melangkah. 

Qurrata AyunaAngkatan 2015, Penerima Beasiswa Bidikmisi

Sumber Beasiswa

Beasiswa Universitas

Beasiswa Universitas Indonesia disalurkan dalam bentuk Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) yang merupakan skema pemberian beasiswa berupa pengurangan besaran BOP dan besaran Uang Pangkal (UP). Mahasiswa dapat mengajukan permohonan BOP-B sebelum periode registrasi administasi dimulai sesuai dengan jalur penerimaan di Universitas. Mahasiswa yang mengajukan BOP-B akan dievaluasi keadaan finansialnya berdasarkan penghasilan orangtua, jumlah tanggungan orangtua, aset yang dimiliki, dan rekomendasi dari RT/RW.

Beasiswa Sponsor

Mahasiswa S1 Reguler UI juga mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari pihak luar seperti pemerintah, bank, dan perusahaan swasta lainnya. Beasiswa yang diberikan beragam sifat maupun durasinya. Ada beasiswa yang hanya memberikan uang saku per bulan selama setahun, dan ada pula beasiswa yang memberikan uang saku bulanan ditambah dengan tunjangan BOP sampai mahasiswa tersebut lulus. Setiap tahunnya, sekitar 250 mahasiswa S1 Reguler Fasilkom dari seluruh angkatan mendapat beasiswa dari berbagai sponsor.

Beasiswa POMDA

Selain beasiswa universitas dan sponsor eksternal, mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Persatuan Orang Tua Mahasiwa, Dosen, dan Alumni (POMDA), suatu  lembaga resmi di lingkungan Fasilkom UI sebagai wadah bergabungnya orang tua mahasiswa, dosen dan alumni dalam misi mendukung terwujudnya proses belajar mengajar yang sehat, berkeadilan dan berkualitas. POMDA membantu mahasiswa yang kurang mampu dengan memberikan beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan, biaya hidup, dan lain-lain.