Program Studi

Magister Ilmu Komputer

Program Studi Magister Ilmu Komputer

Program Studi Magister Ilmu Komputer (MIK) dibuka pada tahun 1988 dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan wawasan riset bidang ilmu komputer sebagai kelanjutan jenjang S1 bidang Ilmu Komputer. Perkuliahan PS MIK diselenggarakan pada pagi dan siang hari di kampus Fasilkom UI Depok. PS MIK menekankan integrasi antara pendidikan pascasarjana dan kegiatan penelitian. Mahasiswa diharapkan terlibat aktif dalam penelitian di Fakultas Ilmu Komputer UI. Kurikulum PS MIK disusun sedemikian rupa sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman penelitian dalam bidang Ilmu Komputer. Pilihan-pilihan mata kuliah diberikan supaya mahasiswa dapat menyusun program pendidikannya sesuai dengan minat penelitiannya.

Lama Studi

Program S2-MIK UI dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 semester. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di kampus UI Depok setiap Senin-Jumat kelas pagi

Persyaratan Akademik

  1. Calon berijazah sarjana (S1) di bidang Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  2. Lulus sarjana dengan Indeks Prestasi tidak kurang dari 2.75 (pada skala 4.0).
  3. Lulus ujian saringan di tingkat Universitas yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris.

Matrikulasi

Setelah diterima di program MIK, setiap mahasiswa baru harus mengambil sebuah Ujian Penempatan (Placement Test) yang mengevaluasi kemampuan serta pengetahuan mahasiswa pada materi-materi dasar bidang Ilmu Komputer. Berdasarkan hasil ujian ini, seorang mahasiswa baru wajib mengambil mata kuliah matrikulasi tersebut. Adapun mata kuliah untuk matrikulasi sebagai berikut: Sistem Operasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Struktur Data dan Algoritma, dan Matematika Diskrit.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer (PS MIK) dirancang dan disusun sedemikian rupa sehingga para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman melakukan penelitian dalam bidang-bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan lain-lain. Berikut rencana studi yang direkomendasikan untuk kurikulum 2018, diselesaikan dalam empat semester.

Semester 1

  • Metodologi Penelitian (4 SKS)
  • Kuliah Peminatan Dasar (3 SKS)
  • Kuliah Peminatan Dasar (3 SKS)

Semester 2

  • Kuliah Peminatan Dasar (4 SKS)
  • Studi Mandiri (2 SKS)
  • Publikasi Ilmiah (2 SKS)
  • Kuliah Peminatan Lanjut (4 SKS)

Semester 3

  • Proposal Tesis (2)
  • Kuliah Peminatan Lanjut (4 SKS)
  • Kuliah Peminatan Lanjut (4 SKS)

Semester 4

  • Tesis (8 SKS)

Penyusunan (proposal) dan penulisan tesis dilakukan di bawah bimbingan sekurang-kurangnya 1 (satu) dosen pembimbing, dan pada akhirnya akan diuji secara lisan oleh panitia penguji yang terdiri dari minimal 3 (tiga) orang penguji di samping dosen pembimbing tesis.

Peminatan

Bidang-bidang peminatan pada program studi Magister Ilmu Komputer meliputi:

Kecerdasan Buatan

Ilmu Data

Arsitektur & Komputasi Awan

Keamanan Siber

Tata Kelola SI/TI

Teknologi Perangkat Lunak

E-bisnis

Program Gelar Ganda (Double Degree)

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) bekerjasama dengan Queensland University (Australia), RMIT University (Australia), dan Technische Universitat Darmstadt (Jerman), membuka kesempatan untuk double-degree program Master (S2). Program ini diselenggarakan dengan skema: tahun pertama perkuliahan di universitas dalam negeri dan tahun kedua di universitas-partner di luar negeri. Mahasiswa akan memperoleh dua gelar (dari Fasilkom UI dan Universitas Partner).

Lancaster University

University of Lancaster
Research project on Information Systems

Mekanisme Pendaftaran Program Double Degree

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran online SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) dan memilih program S2 Fasilkom UI yang akan ditempuh (S2-MIK). Panduan selengkapnya tentang pendaftaran dan jadwal penerimaan mahasiswa baru, tersedia pada website penerimaan UI. Pelaksanaan seleksi terdiri dari: Seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris.

Setelah diterima dan lolos seleksi di program S2 Fasilkom UI, mahasiswa dapat mengajukan ke Ketua Program Studi untuk rencana program S2-Double Degree ke universitas partner. Pendaftaran ke universitas partner dilakukan secara online sesuai informasi dan panduan pada website universitas partner dengan ketentuan IPK dan bahasa inggris sesuai dengan standar masing-masing partner.

Frequently Asked Questions

Apa saja program Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI?

Ada tiga program studi Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI, yaitu dua program studi pada jenjang Magister dan satu program studi pada jenjang Doktor.

  • Program Magister Teknologi Informasi (MTI)
  • Program Magister Ilmu Komputer (MIK)
  • Program Doktor Ilmu Komputer(DIK)

Apa saja jalur penerimaan/seleksi masuk program Pasca Sarjana?

Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer UI hanya menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

Kapan biasanya masa penerimaan program pascasarjana?

Penerimaan mahasiswa di program Pasca Sarjana dilakukan di tiap semester. Pendaftaran jenjang Pasacasarjana dibuka tiga kali dalam 1 tahun akademik, yakni:

Semester Gasal

  • Gelombang 1 pendaftaran Februari – Maret
  • Gelombang 2 pendaftaran Mei – Juni
  • Registrasi dilakukan secara online, melalui https://penerimaan.ui.ac.id

Semester Genap

Apa perbedaan antara program Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Magister Teknologi Informasi (MTI)?

Program Magister Ilmu Komputer (MIK) berfokus pada pengembangan keilmuan di bidang Ilmu Komputer yang meliputi juga Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Sistem Informasi. Program ini sangat berorientasi riset, dan setiap mahasiswa MIK akan dan terlibat dalam penelitian melalui proyek tesis dan terafiliasi dengan salah satu lab riset di Fasilkom UI (info tentang lab riset dapat dilihat pada Menu Penelitian pada Website cs.ui.ac.id)

Program Magister Teknologi Informasi (MTI) berorientasi pada profesi ahli Teknologi Informasi, dan membekali mahasiswa dengan ilmu teoritis maupun praktis mengenai perkembangan mutakhir di bidang Teknologi Informasi. Mayoritas tenaga pengajar memiliki pengalaman industri TI yang sangat kaya. Fokus pendidikan terletak pada pengembangan kemampuan dan kapabilitas manajerial di bidang TI, dan sangat mendukung karir di industri teknologi informasi dan komunikasi.

Berapa daya tampung penerimaan masing-masing Program Pascasarjana Fasilkom UI?

Info daya tampung masing-masing program Pascasarjana dapat dilihat pada tautan berikut: https://penerimaan.ui.ac.id/id/period/program/1601

Di mana lokasi perkuliahannya?

Perkuliahan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK) dilakukan di Depok dan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) di Salemba.

Apakah ditawarkan kelas eksekutif/Kelas Sabtu-Minggu?

Tidak ada.

Bagaimana karir lulusan Pascasarjana Fasilkom UI?

Lulusan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK) memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan pengembangan keilmuan di bidang TIK melalui kegiatan akademik seperti riset maupun pendidikan. Sebagian besar lulusan MIK UI menjadi dosen maupun peneliti di institusi/ perguruan tinggi. Selain itu, dengan menempuh program MIK, artinya kemampuan dan track record riset sudah mulai dikembangkan, dan hal ini membuka peluang untuk meneruskan studi doktoral (S3) di berbagai institusi terkemuka di seluruh dunia.

Lulusan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) diharapkan mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang TI, untuk membina karir sebagai manajer atau CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi atau perusahaan yang akan memanfaatkan TI secara ekstensif. Beberapa bidang yang menjadi lapangan kerja bagi lulusan MTI UI antara lain: IT/IS auditor, IT Manajer, CIO baik untuk swasta maupun pemerintahan, Software Engineer, IT/IS consultant, dsb.

Apakah biaya pendidikan program Pascasarjana Fasilkom UI bisa dicicil?

Ya, dapat dicicil dengan memberikan pernyataan dan surat permohonon cicilan kepada Pimpinan Fakultas.

Berapa lama masa studi untuk program Pascasarjana Magister Ilmu Komputer?

Secara normal, lama studi untuk jenjang Magister adalah 4 semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/lama tergantung dari prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

Apakah program Pascasarjana Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?

Tidak, setiap mahasiswa harus lulus terlebih melalui jalur masuk yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (SIMAK UI). Mahasiswa yang sudah pernah kuliah di Perguruan Tinggi lain bisa melakukan Transfer Kredit yang jumlahnya akan ditentukan oleh Panitia yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Komputer UI.

Apakah program Pascasarjana Fasilkom UI ini sudah terakreditasi?

Ya, program studi Magister Ilmu Komputer (S2-MIK) dan Magister Teknologi Informasi (S2-MTI) telah terakreditasi A.

Kontak Fasilkom UI

Hubungan Masyarakat

Gedung A, Fakultas Ilmu Komputer
Universias Indonesia, Depok, 
Jawa Barat

+62 21 786 3419
humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Senin – Jum’at 9:00A.M. – 5:00P.M.

Pusat Pendidikan
Kehidupan Kampus
Jaringan Alumni

Kenapa Memilih Fasilkom UI?

Di jaman yang serba digital ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menawarkan pendidikan di bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang berkualitas global. Simaklah video di samping ini mengenai bagaimana kamu dapat mengubah masa depan dunia di Fasilkom UI.

Belajar, Bersosialisasi, dan Berorganisasi

Tidak hanya sebagai pusat pendidikan ilmu komputer dan sistem informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia juga dikenal mempunyai kehidupan kampus yang dinamis. Simak video kehidupan kampus mahasiswa Fasilkom UI di samping.

Testimoni Alumni Fasilkom UI

Jejaring alumni Fasilkom UI menjangkau tidak hanya daerah-daerah di Indonesia, namun juga di luar negeri. Alumni Fasilkom UI bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, instansi-instansi pemerintah, serta mendirikan usaha atau startup sendiri. Simak beberapa testimoni dari alumni Fasilkom  UI pada video di samping.

Profil Lulusan

Para lulusan Fakultas Ilmu Komputer UI diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga ahli di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang berkualitas tinggi. Menurut survei yang dilakukan secara berkala, sebagian besar lulusan Fasilkom UI bekerja di dalam maupun luar negeri di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang konsultasi teknologi informasi, perbankan, industri perangkat lunak dan jasa lainnya. Sebagian lainnya bekerja di institusi pemerintahan/perguruan tinggi, atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di dalam dan luar negeri. Di samping itu, beberapa lulusan terjun langsung membangun perusahaan-perusahaan startup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pasar di bidang teknologi informasi melalui produk dan layanan inovatif.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 sudah dibuka. Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.