Bangkitkan Semangat Terus Berkarya, Fasilkom – Pusilkom UI Gelar Pertemuan Awal Tahun 2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Bangkitkan Semangat Terus Berkarya, Fasilkom – Pusilkom UI Gelar Pertemuan Awal Tahun 2024

Depok, 12 Januari 2023 – Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) bersama Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI mengadakan pertemuan awal tahun bagi seluruh civitas akademika fakultas di Auditorium Dr. Indro Suwandi Lt. 2, Gedung Baru, Kampus UI Depok. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid serta diinisiasi oleh keduanya sebagai bentuk wadah silahturahmi dalam menyambut tahun yang baru secara optimis serta meninjau kinerja sepanjang tahun 2023.

Guru Besar sekaligus Koordinator Program Studi Magister-Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI, Prof. Harry Budi Santoso, Ph.D., mengawali acara kegiatan ditandai dengan pembacaan doa. Selanjut Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, MSc., membuka kegiatan dengan beberapa paparan kinerja serta pencapaian yang diraih oleh Fasilkom UI sepanjang tahun 2023. 

Dalam pidato paparan kinerja Fasilkom UI, Dekan Mursanto menegaskan kepada seluruh civitas agar mampu untuk memberikan yang terbaik bagi fakultas. “Fasilkom UI berusaha menjadi pusat unggulan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia yang diakui oleh masyarakat ilmiah internasional, sehat secara organisasi dan berkontribusi secara nyata pada peningkatan daya saing bangsa,” ungkapnya.  Berdasarkan Rencana Strategis UI periode 2020-2024 Fasilkom UI memiliki beberapa indikator program kerja antara lain, SDM Unggul; Pembelajaran Berkualitas; Revitalisasi Lab Riset; Internasionalisasi Program Studi; Optimalisasi Kerjasama; serta Tata Kelola dan Integrasi Data. Terlepas dari hal tersebut Dekan Mursanto mengumumkan bahwa Fasilkom UI banyak meraih pencapaian pada indikator tata kelola dan Integrasi Data. Fasilkom UI meraih Best Data dan Best Person in Charge yang di wakili oleh Dr. Panca Hadi Putra pada penilian THE WUR UI 2023. Fasilkom UI menduduki posisi ke-lima pada Zona Integrasi (ZI) tingkat UI. Tidak hanya itu dalam UI ZI Award tahun 2023, Fasilkom berhasil masuk dalam Juara Pelayanan Publik dengan beberapa fitur seperti, whistle blowing system, aplikasi SI Ruang, Aplikasi SI Surat, Aplikasi SI Sidang dan Portal aplikasi fakultas. Terkahir untuk indikator tersebut, Fasilkom menempati posisi ke tujuh untuk UI Greenmetrics point dan terdapat 6 peningkatan dibanding tahun 2022.

Kegiatan dilanjutkan paparan kinerja Pusilkom UI oleh Bapak Denny, Ph.D., terkait paparan kinerja IS/IT Consultancy sepanjang tahun 2023. Rangkaian acara juga dilanjutkan dengan hiburan berupa pembagian doorprize bagi seluruh civitas akademika Fasilkom-Pusilkom UI dan ditutup pengumuman staf yang akan memasuki masa purna-bakti yaitu Bapak Sukatno dan Bapak Supendi. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D; Ketua Dewan Guru Besar Fasilkom UI, Prof. Dr. Eko Kuswardono Budiardjo; para dosen, staf, dan elemen Fasilkom UI.