Program Studi

Magister Teknologi Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Magister Teknologi Informasi

Program Studi Magister Teknologi Informasi

Dalam dekade terakhir bidang Teknologi Informasi (TI) telah berkembang sangat pesat. Peranan TI menjadi urat nadi organisasi modern dalam melakukan operasi dan menajemen bisnis. Secara khusus kecenderungan ini melahirkan suatu kebutuhan akan sumber daya manusia untuk membangun dan mengelola TI. Program Magister Teknologi Informasi (SK DIKTI No.2006/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005) di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), dirancang untuk mengisi kesenjangan dari kebutuhan dunia industri dan bisnis untuk tenaga profesional, dengan keahlian dalam bidang TI.

Karakteristik Program Magister Teknologi Informasi (MTI) ini antara lain:

  • Penekanan pada kemampuan integrasi yang kuat antara penerapan TI dan pengetahuan yang dalam mengenai manajemen serta strategi organisasi.
  • Berkembangnya berbagai karakteristik keahlian dalam bidang TI yang perlu pengajian lebih mendalam yang terkait dengan berbagai sektor bisnis dan industri.

Kompetensi dan kemampuan yang menjadi sasaran program MTI-Fasilkom UI adalah:

  1. Intisari pengetahuan dan keahlian dalam bidang TI.
  2. Integrasi TI dalam fungsi dan dasar bisnis/organisasi serta dukungan pada karir.
  3. Kemampuan komunikasi, interpersonal dan bekerja dalam tim pada lingkup bisnis/organisasi.

Untuk mendukung proses penelitiannya, program MTI ini didukung oleh Lab dengan kajian berbasis Teknologi Informasi yaitu Lab E-Government & E-Business dan Lab Information Management.

Lama Studi

Kurikulum MTI dirancang untuk studi selama 4 semester, tetapi tidak tertutup kemungkinan mahasiswa dapat menyelesaikannya dalam 3 semester. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Selemba Gedung Fakultas Ilmu Komputer/Pusat Ilmu Komputer, Jakarta. Perkuliahan tersedia kelas malam dan kelas siang. Kelas malam dilaksanakan setiap Senin-Jumat pukul 19:00-21:30 WIB. Perkuliahan kelas siang berlangsung pukul 14:00 – 16:30 WIB. Namun kelas siang hanya dibuka apabila jumlah peserta jumlah peserta mencukupi.

Persyaratan Akademik

Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulus program Strata 1 dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 2,75 pada skala 4,00.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non Teknologi Informasi (TI) dapat mendaftar dengan menunjukkan bukti pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti tersebut berupa surat keterangan kerja dan surat rekomendasi atasan langsung, yang diunggah bersama ijazah di menu unggah dokumen di https://penerimaan.ui.ac.id/.
  4. Lulus ujian Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara online pada https://penerimaan.ui.ac.id. Ujian SIMAK UI meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris.

Kurikulum

Kurikulum dirancang untuk mendukung bidang pekerjaan dalam lingkup manajemen TI (seperti perencanaan TI/SI, penerapan TI, pengelolaan TI, pengembangan perangkat lunak, dan sebagainya) maupun kesempatan karir pada bidang yang relatif baru (seperti konsultasi dan integrasi sistem, infrastruktur jaringan, e-business, IT Governancedigital economy dan sebagainya). Persiapan karir (career tracks) didukung oleh kewajiban untuk pendalaman dan spesialisasi TI melalui Karya Akhir. Kurikulum Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia dibangun oleh dua elemen utama:

  1. Intisari Teknologi Informasi (ITCore) : yang bertujuan untuk memberikan kompetensi dan keahlian kepada peserta dalam bidang TI. Mata kuliah yang menunjangkompetensi ini diberikan pada Semester 1 dan 2.
  2. Integrasi Sistem dan Pengarahan Karir (System Integration and Career Tracks) : yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan untuk melakukan sintesa mengenai apa yang telah di pelajari. Kuliah-kuliah pada bagian ini merupakan kuliah pilihan untuk mendukung minat dan karir dari peserta program.

Semester 1

  • Infrastruktur TI (3 SKS)
  • Analisis Kebutuhan & Perancangan SI (3 SKS)
  • Manajemen Data (3 SKS)
  • Sistem Informasi Perusahaan (3 SKS)

Semester 2

  • Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah (3 SKS)
  • Manajemen Perubahan & Proyek TI (3 SKS)
  • Manajemen Strategis SI (3 SKS)
  • Dinamika Tim Perangkat Lunak (3 SKS)

Semester 3

  • Manajemen Informasi Korporat (3 SKS)
  • Publikasi Ilmiah (2 SKS)
  • Mata Kuliah Pilihan (9 SKS)

Semester 4

  • Karya Akhir (4 SKS)

Penyusunan (proposal) dan penulisan tesis dilakukan di bawah bimbingan sekurang-kurangnya 1 (satu) dosen pembimbing, dan pada akhirnya akan diuji secara lisan oleh panitia penguji yang terdiri dari minimal 3 (tiga) orang penguji di samping dosen pembimbing tesis.

Peminatan

Enterprise Software Solutions

Strategic IT Applications

IS/IT Governance

Cyber Security

Business Analytics

Digital Economy

Program Magister Teknologi Informasi dirancang untuk menghasilkan lulusan magister di bidang sistem informasi/teknologi  informasi yang memiliki kemampuan yang kuat dalam memanfaatkan teknologi baru (emerging technology), melakukan integrasi aspek teknologi dan manajemen, memiliki perspektif serta wawasan global, toleran, dan tanggap terhadap permasalahan di masyarakat.

Program Gelar Ganda (Double Degree)

MTI Fasilkom UI bekerjasama dengan beberapa mitra di luar negeri, membuka kesempatan untuk double degree program Magister. Program ini diselenggarakan dengan skema: tahun pertama perkuliahan di MTI Fasilkom UI dan tahun kedua di universitas mitra di luar negeri. Mahasiswa akan memperoleh dua gelar (dari Fasilkom UI dan universitas mitra).

Mekanisme Pendaftaran Program Double Degree

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran online SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) di https://penerimaan.ui.ac.id dan memilih program Magister Fasilkom UI yang akan ditempuh (MTI). Panduan selengkapnya tentang pendaftaran dan jadwal penerimaan mahasiswa baru, tersedia pada Website penerimaan UI. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : Seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris.

Setelah diterima dan lolos seleksi di program Magister Fasilkom UI, mahasiswa ybs dapat mengajukan ke Ketua Program Studi untuk rencana program Double Degree ke universitas mitra.  Pendaftaran ke universitas mitra dilakukan secara online sesuai informasi dan panduan pada Website universitas mitra. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : seleksi administrasi dan nilai TOEFL/ IELTS.

Beasiswa Dalam Negeri Kominfo

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam penyelenggaraan Program Beasiswa Dalam Negeri Kominfo.

Silakan unduh slide sosialisasi beasiswa Kominfo untuk studi di MTI UI.

Berkas formulir dan kelengkapan persyaratan dikirimkan paling lambat 6
Maret 2020 (Gel. 1) dan 19 Juli 2020 (Gel. 2) ke alamat surel Sekretariat
MTI (sekreakademikmti@cs.ui.ac.id).

Program Magister Teknologi Informasi (MTI) e-Government  merupakan Program Beasiswa Dalam Negeri Kominfo, yang dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan SDM aparatur pemerintah yang unggul dalam pengembangan e-Government di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Sasaran program ini adalah tersedianya SDM pengelola e-Government di lingkungan instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Frequently Asked Questions

Apa saja program Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI?

Ada tiga program studi Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI, yaitu dua program studi pada jenjang Magister dan satu program studi pada jenjang Doktor.

  • Program Magister Teknologi Informasi (MTI)
  • Program Magister Ilmu Komputer (MIK)
  • Program Doktor Ilmu Komputer(DIK)

Apa saja jalur penerimaan/seleksi masuk program Pasca Sarjana?

Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer UI hanya menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

Kapan biasanya masa penerimaan program pascasarjana?

Penerimaan mahasiswa di program Pasca Sarjana dilakukan di tiap semester. Pendaftaran jenjang Pasacasarjana dibuka tiga kali dalam 1 tahun akademik, yakni:

Semester Gasal

  • Gelombang 1 pendaftaran Februari – Maret
  • Gelombang 2 pendaftaran Mei – Juni
  • Registrasi dilakukan secara online, melalui https://penerimaan.ui.ac.id

Semester Genap

Apa perbedaan antara program Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Magister Teknologi Informasi (MTI)?

Program Magister Ilmu Komputer (MIK) berfokus pada pengembangan keilmuan di bidang Ilmu Komputer yang meliputi juga Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Sistem Informasi. Program ini sangat berorientasi riset, dan setiap mahasiswa MIK akan dan terlibat dalam penelitian melalui proyek tesis dan terafiliasi dengan salah satu lab riset di Fasilkom UI (info tentang lab riset dapat dilihat pada Menu Penelitian pada Website cs.ui.ac.id)

Program Magister Teknologi Informasi (MTI) berorientasi pada profesi ahli Teknologi Informasi, dan membekali mahasiswa dengan ilmu teoritis maupun praktis mengenai perkembangan mutakhir di bidang Teknologi Informasi. Mayoritas tenaga pengajar memiliki pengalaman industri TI yang sangat kaya. Fokus pendidikan terletak pada pengembangan kemampuan dan kapabilitas manajerial di bidang TI, dan sangat mendukung karir di industri teknologi informasi dan komunikasi.

Berapa daya tampung penerimaan masing-masing Program Pascasarjana Fasilkom UI?

Info daya tampung masing-masing program Pascasarjana dapat dilihat pada tautan berikut: https://penerimaan.ui.ac.id/id/period/program/1601

Di mana lokasi perkuliahannya?

Perkuliahan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK) dilakukan di Depok dan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) di Salemba.

Apakah ditawarkan kelas eksekutif/Kelas Sabtu-Minggu?

Tidak ada.

Bagaimana karir lulusan Pascasarjana Fasilkom UI?

Lulusan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK) memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan pengembangan keilmuan di bidang TIK melalui kegiatan akademik seperti riset maupun pendidikan. Sebagian besar lulusan MIK UI menjadi dosen maupun peneliti di institusi/ perguruan tinggi. Selain itu, dengan menempuh program MIK, artinya kemampuan dan track record riset sudah mulai dikembangkan, dan hal ini membuka peluang untuk meneruskan studi doktoral (S3) di berbagai institusi terkemuka di seluruh dunia.

Lulusan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) diharapkan mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang TI, untuk membina karir sebagai manajer atau CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi atau perusahaan yang akan memanfaatkan TI secara ekstensif. Beberapa bidang yang menjadi lapangan kerja bagi lulusan MTI UI antara lain: IT/IS auditor, IT Manajer, CIO baik untuk swasta maupun pemerintahan, Software Engineer, IT/IS consultant, dsb.

Apakah biaya pendidikan program Pascasarjana Fasilkom UI bisa dicicil?

Ya, dapat dicicil dengan memberikan pernyataan dan surat permohonon cicilan kepada Pimpinan Fakultas.

Berapa lama masa studi untuk program Pascasarjana Magister Ilmu Komputer?

Secara normal, lama studi untuk jenjang Magister adalah 4 semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/lama tergantung dari prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

Apakah program Pascasarjana Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?

Tidak, setiap mahasiswa harus lulus terlebih melalui jalur masuk yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (SIMAK UI). Mahasiswa yang sudah pernah kuliah di Perguruan Tinggi lain bisa melakukan Transfer Kredit yang jumlahnya akan ditentukan oleh Panitia yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Komputer UI.

Apakah program Pascasarjana Fasilkom UI ini sudah terakreditasi?

Ya, program studi Magister Ilmu Komputer (S2-MIK) dan Magister Teknologi Informasi (S2-MTI) telah terakreditasi A.

Kontak Fasilkom UI

Hubungan Masyarakat

Gedung A, Fakultas Ilmu Komputer
Universias Indonesia, Depok, 
Jawa Barat

+62 21 786 3419
humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Senin – Jum’at 9:00A.M. – 5:00P.M.

Pusat Pendidikan
Kehidupan Kampus
Jaringan Alumni

Kenapa Memilih Fasilkom UI?

Di jaman yang serba digital ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menawarkan pendidikan di bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang berkualitas global. Simaklah video di samping ini mengenai bagaimana kamu dapat mengubah masa depan dunia di Fasilkom UI.

Belajar, Bersosialisasi, dan Berorganisasi

Tidak hanya sebagai pusat pendidikan ilmu komputer dan sistem informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia juga dikenal mempunyai kehidupan kampus yang dinamis. Simak video kehidupan kampus mahasiswa Fasilkom UI di samping.

Testimoni Alumni Fasilkom UI

Jejaring alumni Fasilkom UI menjangkau tidak hanya daerah-daerah di Indonesia, namun juga di luar negeri. Alumni Fasilkom UI bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, instansi-instansi pemerintah, serta mendirikan usaha atau startup sendiri. Simak beberapa testimoni dari alumni Fasilkom  UI pada video di samping.

Profil Lulusan

Lulusan dari program studi MTI-Fasilkom UI akan menerima gelar Magister Teknologi Informasi (M.T.I.). Lulusan MTI-Fasilkom UI diharapkan mempunyai kemampuan dan kompetensi untuk menjembatani bidang TI dan bisnis/organisasi. Para lulusan mendapatkan nilai tambah berupa kemampuan penyelesaian masalah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi berdasarkan kajian studi kasus bersama akademisi dan praktisi. Di samping itu, peserta mendapatkan keahlian dalam mengartikulasi masalah atau solusi teknis dalam lintas organisasi, maupun dengan bahasa bisnis.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 sudah dibuka. Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.