Fasilkom UI Gelar Orientasi Belajar Mahasiswa Magister dan Doktor Ilmu Komputer Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Gelar Orientasi Belajar Mahasiswa Magister dan Doktor Ilmu Komputer Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024

Depok, 22 Januari 2024 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyambut para mahasiswa baru program pascasarjana Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Doktor Ilmu Komputer (DIK) dengan menggelar acara Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) semester genap tahun ajaran 2023/2024 secara hybrid di Ruang Sidang lantai 4 Gedung Baru Fasilkom UI, Kampus Depok.

Sebanyak 21 mahasiswa baru di antaranya sembilan mahasiswa program DIK dan 12 mahasiswa program MIK hadir dalam rangkaian sesi pemaparan OBM semester genap tersebut. Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D. Beliau juga menjelaskan terkait manajemen bidang akademik yang ada di Fasilkom UI.

Jajaran Manajemen Fasilkom UI yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D. membuka kegiatan OBM MIK & DIK Semester Genap Tahun Ajaran 2023-2024 Gedung Baru Fasilkom UI.

Selanjutnya sesi pemaparan tentang fasilitas teknologi informasi yang dimiliki Fasilkom UI dijelaskan oleh Manajer Teknologi Informasi, Dr. Rizal Fathoni Aji. Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D., selaku Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fasilkom UI, memaparkan beberapa poin yang menjadi sorotan kepada para mahasiswa terkait beberapa fasilitas laboratorium dan pusat penelitian yang dimiliki Fasilkom UI untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian mahasiswa MIK dan DIK.

Untuk menunjang kehidupaan akademis di Fasilkom UI, Bapak Suwiryo selaku Koordinator Perpustakaan juga menjelaskan terkait layanan daring (online) perpustakaan berbantuan aplikasi Library Automation and Digital Archive atau biasa disebut Lontar. Setalah itu Manajer Pendidikan Fasilkom UI, Dr. Dina Chahyati juga mengingatkan terkait peraturan dan prosedur umum perkuliahan yang berlaku selama menempuh masa belajar. Beliau juga menyampaikan pemanfaatan Student Centered E-Learning Environment dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Beralih pada sesi pendalaman program studi, Koordinator Program Studi MIK dan DIK Fasilkom UI, Prof. Harry Budi Santoso, Ph.D. memberikan penjelasan terkait visi dan misi program studi, kurikulum rancangan perkuliahan, strategi belajar di tingkat pascasarjana dengan menerapkan keterampilan self-regulated learning. Selain itu mahasiswa juga perlu terus berupaya untuk mengasah keterampilan berpikir kritis memecahkan permasalahan sains dan teknologi. Ia juga menegaskan pentingnya kemampuan menulis karya ilmiah bagi mahasiswa pascasarjana MIK dan DIK. Menulis ilmiah tidak hanya berperan dalam pengembangan kemampuan akademik individu, tetapi juga esensial dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap komunitas ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan secara lebih luas, khususnya dalam bidang Ilmu Komputer.

Di pekan yang sama para mahasiswa lama MIK dan DIK juga diberi persiapan berupa pertemuan hybrid dalam rangka memberi informasi panduan dalam menyusun rencana studinya sebelum para mahasiswa berkoordinasi dengan koordinator program studi. Kegiatan terbagi menjadi dua sesi, di sesi pagi MIK dan sesi siang DIK.