Program Studi

Sarjana Sistem Informasi

This page is also available in: English

Program Studi Sarjana Sistem Informasi

Program Studi Sarjana Sistem Informasi di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), terdiri dari program Reguler dan Paralel. Program ini memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA atau sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang sistem informasi pada tingkat sarjana. Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga yang terampil dan profesional di bidang sistem informasi/teknologi informasi. Program Studi Sarjana Sistem Informasi Fasilkom UI telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan pendidikan pada jenjang sarjana di bidang sistem informasi. Lulusannya diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga di bidang Sistem Informasi / Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi.

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat unik karena menekankan keseimbangan antara kemampuan manajemen dan bisnis serta rekayasa informasi dan teknologi informasi. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi yang optimal terkait dengan Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi. Kuliah-kuliah dasar membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merancang dan menulis program, terutama diarahkan untuk pengembangan Sistem Informasi dalam skala besar. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari komponen-komponen dari Sistem Informasi / Teknologi Informasi, mulai dari sistem operasi, jaringan komputer, basis data, maupun aplikasi. Untuk mengasah pemahaman di bidang bisnis dan manajemen, mahasiswa mempelajari konsep-konsep manajemen serta berbagai proses bisnis penunjang kegiatan organisasi dan dukungan yang bisa diberikan oleh Teknologi Informasi. Selain mata kuliah dasar, program studi sistem informasi juga menawarkan mata kuliah peminatan yang dikelompokkan ke dalam dua bidang minat berikut, yaitu:

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terdiri dari CPL yang dirumuskan oleh Universitas Indonesia dan CPL Program Studi Sistem Informasi. CPL Program Studi Sistem Informasi terdiri dari CPL Fakultas yang dirumuskan untuk kedua Program Studi jenjang Sarjana di Fasilkom dan CPL spesifik untuk Program Studi Sarjana Sistem Informasi.

CPL Universitas Indonesia

CPL yang dirumuskan oleh UI diatur dalam Peraturan Rektor Nomor 7/2020 yang terdiri dari:

UI1. memiliki keterampilan kognitif untuk berpikir kritis, logis, kreatif, dan inovatif, serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;

UI2. memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masalah lingkungan dan kemasyarakatan dalam kerangka kebangsaan Indonesia yang berlandaskan Pancasila;

UI3. mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijaksana;

UI4. mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik dan non akademik;

UI5. memiliki keterampilan non kognitif termasuk keterampilan sosial seperti empati dan resolusi konflik, dan kemampuan bersikap komunikatif untuk berjejaring, berinteraksi, dan bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang, asal usul, budaya, dan perspektif yang berbeda;

UI6. memiliki jiwa kewirausahaan yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika;

UI7. memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai spiritualitas.

CPL Fakultas Ilmu Komputer

CPL Fakultas dirumuskan untuk kedua Program Studi jenjang Sarjana di Fasilkom, sehingga menjadi bagian dari CPL Program Studi, adalah sebagai berikut:

F1. Mampu menerapkan penalaran yang kritis, sistematis, dan logis dalam menganalisa dan memformulasikan masalah serta mengikuti kaidah ilmiah untuk memperoleh solusinya secara komputasional.

F2. Mampu berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dan berkontribusi dalam tim dengan berbagai latar belakang dalam memberikan solusi yang memanfaatkan teknologi informasi di bidang profesinya.

F3. Mampu menerapkan etika profesi secara konsisten dengan memperhatikan isu-isu legal, keamanan, serta sosial dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan.

F4. Mampu beradaptasi dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk pengembangan profesi di bidangnya secara berkelanjutan.

CPL Program Studi Sarjana Sistem Informasi

CPL untuk Program Studi Sarjana Sistem Informasi adalah sebagai berikut:

SI1. Mampu mengidentifikasi, merencanakan, merancang dan mengevaluasi solusi SI/TI berdasarkan
kaidah ilmiah yang selaras dengan kebutuhan organisasi.

SI2. Mampu memilih dan menggunakan teknik dan perangkat yang paling sesuai (best practice) guna
mendukung penyelesaian masalah organisasi.

Disamping itu terdapat tambahan satu CPL dari tiga pilihan CPL prodi yang dapat diperoleh oleh
mahasiswa pada suatu peminatan tertentu, yaitu:

Bidang Minat: Solusi SI/TI

SI3. Mampu melakukan pengelolaan sistem informasi dan teknologi dalam suatu organisasi, 
misalnya pengelolaan sistem server, pengelolaan basis data, pengelolaan infrastruktur, pengelolaan
layanan teknologi informasi, audit sistem informasi, dan sebagainya. [Bidang Minat Solusi Tata Kelola SI/TI]

Bidang Minat: E-Bisnis

SI4. Mampu mengelola sistem informasi dan teknologi informasi dalam skala enterprise untuk
mendukung proses bisnisnya, misalnya pengelolaan pengetahuan, integrasi aplikasi, e-commerce,
business intelligence, dan sebagainya.

 

Peminatan

Tata Kelola SI/TI

E-bisnis

Program studi sistem informasi dirancang untuk menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu Komputer yang profesional dan mampu merancang solusi Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) terhadap suatu permasalahan nyata organisasi serta mampu bekerja sama secara global dengan tetap mengedepankan etika profesi.

Selain bidang-bidang minat tersebut di atas, mahasiswa juga diberikan keleluasaan untuk mengambil beberapa mata kuliah yang diselenggarakan di luar Program Studi Sistem Informasi, baik di dalam maupun di luar Fakultas Ilmu Komputer UI. Di samping itu, di dalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan innovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan sebagainya.

Pada semester pertama, setiap mahasiswa diharuskan mengambil semua mata kuliah yang sudah ditentukan. Setiap semester selanjutnya, jumlah maksimum Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat diambil seorang mahasiswa ditentukan oleh prestasi mahasiswa tersebut pada semester sebelumnya. Mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik dapat mengajukan permintaan pada pembimbing akademiknya untuk dapat mengikuti kuliah-kuliah dengan jumlah sks yang melebihi jumlah sks yang telah ditentukan untuk tiap semester. Kurikulum ini dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester (4 tahun). 

Lama Studi

Program Studi Sarjana Sistem Informasi di Fasilkom UI mencakup proses pembelajaran setara dengan 144 satuan kredit semester (SKS) yang dapat diselesaikan dalam waktu empat tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) setelah memperoleh minimum 144 SKS sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan.

Kurikulum

Semester 1

  • MPK Agama
  • Kalkulus 1
  • MPK B. Inggris
  • Matematika Diskret 1
  • Dasar-dasar Pemrograman 1
  • Manajemen Bisnis
  • Komunikasi Bisnis dan Teknis

Semester 2

  • MPKT
  • Dasar-dasar Pemrograman 2
  • Matematika Diskret 2
  • Prinsip-Prinsip Sistem Informasi
  • Dasar-dasar Arsitektur Komputer

Semester 3

  • Pemrograman Berbasis Platform
  • Struktur Data & Algoritma
  • Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah
  • Sistem Operasi untuk Sistem Informasi
  • Aljabar Linier

Semester 4

  • Statistika & Probabilitas
  • Sistem Interaksi
  • Basis Data
  • Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi
  • Manajemen Proyek Teknologi Informasi

Semester 5

  • Kecerdasan Artifisial & Sains Data Dasar
  • Arsitektur & Pemrograman Aplikasi Perusahaan
  • Statistika Terapan
  • Analisis & Perancangan SI
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Jaringan Komunikasi Data

Semester 6

  • Pilihan

Semester 7

  • Komputer & Masyarakat
  • Pilihan

Semester 8

  • Tugas Akhir
  • Pilihan

Frequently Asked Questions

Apa perbedaan antara Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi?

Program studi Ilmu Komputer Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi melalui pemanfaatan Ilmu Komputer, di antaranya desain algoritma dan implementasinya untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas hingga pemutakhiran aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi dan jaringan, serta pengolahan data besar.
Mencakup fondasi bidang komputasi, meliputi pemrograman, perancangan & analisis algoritma, arsitektur komputer, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak, analisis numerik, dsb.

Program studi Sistem Informasi Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Kurkulum sistem informasi mencakup fondasi bidang bisnis, meliputi administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi, sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem-sistem perusahaan, arsitektur & pemrograman aplikasi perusahaan, dsb.

Apakah perbedaan antara Ilmu Komputer dan Teknik Informatika?

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya merujuk pada bidang ilmu yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoretis di bidang komputasi, yaitu teori komputasi, perancangan algoritma, hingga penerapannya di bidang kecerdasan buatan, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi, pengolahan data besar, dan topik-topik menarik lainnya.

Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak dengan menggunakan pendekatan komputasi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Dengan pengetahuan Ilmu Komputer/ Teknik Informatika, seorang ilmuwan komputer (computer scientist) senantiasa menemukan inovasi pada pendekatan komputasi dan memanfaatkannya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Ada berapa Program Studi Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer UI

Terdapat dua program studi yakni Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.Perbedaan bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi dapat dilihat di sini.

Apa saja jalur penerimaan atau seleksi masuk Program Studi tersebut?

Untuk Program Reguler:

  • SBMPTN, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur ujian tertulis.
  • SNMPTN, yaitu jalur rapor/undangan.
  • Olimpiade Sains, yaitu jalur rapor/undangan dimana calon mahasiswa memiliki prestasi Juara dalam ajang Olimpiade Sains dalam bidang komputer.
  • SIMAK UI (Seleksi Masuk UI), yaitu jalur ujian tertulis.

Untuk Program Paralel:

  • SIMAK UI (Seleksi Masuk UI), yaitu jalur ujian tertulis.
  • PPKB, yaitu Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar melalui jalur rapor/undangan.
  • Registrasi dilakukan secara online, melalui https://penerimaan.ui.ac.id.

Apakah penderita buta warna boleh mendaftar?

Ya, penderita buta warna boleh mendaftar ke Program Studi Sarjana Ilmu Komputer maupun Sistem Informasi.

Berapa daya tampung masing-masing Program Studi?

Daya tampung masing-masing program studi dapat dilihat pada halaman web berikut:

Apakah tersedia beasiswa bagi mahasiswa Reguler yang diterima?

Ya, UI menyediakan berbagai macam beasiswa bagi mahasiswa S1 Reguler, mulai dari pengurangan biaya admission fee dan BOP sampai dengan beasiswa biaya hidup selama semua persyaratan dipenuhi.

Apakah ada sistem cicilan untuk biaya kuliah?

Ya. UI memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk mencicil biaya tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

Apakah ada keringanan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu?

Ya, untuk Program Reguler, dengan melengkapi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia.

Berapa lama masa studi untuk Program Studi Sarjana?

Program Studi Sarjana di Fasilkom UI dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 semester. Namun demikian, mahasiswa juga bisa menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih pendek maupun lebih lama, tergantung prestasi akademik dan jumlah sks yang diambil setiap semesternya. Batas waktu maksimum dalam menyelesaikan Program Studi Sarjana di UI adalah 12 semester.

Apakah Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?

Fasilkom UI tidak menerima mahasiswa pindahan. Setiap mahasiswa harus mengikuti ujian masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) sebagaimana mahasiswa baru. Namun mata kuliah yang pernah diambil dan memiliki padanan dengan mata kuliah yang ditawarkan di Fasilkom UI, dapat diusulkan untuk ditransfer. Kewenangan dan syarat suatu mata kuliah dapat ditransfer atau tidak, harus mengikuti peraturan yang berlaku di UI.

Apakah Program Studi Sarjana di Fasilkom UI sudah terakreditasi?

Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Fasilkom UI sudah terakreditasi dengan nilai A.

Kontak Fasilkom UI

Hubungan Masyarakat

Gedung A, Fakultas Ilmu Komputer
Universias Indonesia, Depok, 
Jawa Barat

+62 21 786 3419
humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Senin – Jum’at 9:00A.M. – 5:00P.M.

Pusat Pendidikan
Kehidupan Kampus
Jaringan Alumni
Profil Prodi

Kenapa Memilih Fasilkom UI?

Di jaman yang serba digital ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menawarkan pendidikan di bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang berkualitas global. Simaklah video di samping ini mengenai bagaimana kamu dapat mengubah masa depan dunia di Fasilkom UI.

Belajar, Bersosialisasi, dan Berorganisasi

Tidak hanya sebagai pusat pendidikan ilmu komputer dan sistem informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia juga dikenal mempunyai kehidupan kampus yang dinamis. Simak video kehidupan kampus mahasiswa Fasilkom UI di samping.

Testimoni Alumni Fasilkom UI

Jejaring alumni Fasilkom UI menjangkau tidak hanya daerah-daerah di Indonesia, namun juga di luar negeri. Alumni Fasilkom UI bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, instansi-instansi pemerintah, serta mendirikan usaha atau startup sendiri. Simak beberapa testimoni dari alumni Fasilkom  UI pada video di samping.

Video Profil Prodi

Program Studi Sarjana Sistem Informasi di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), terdiri dari program Reguler dan Paralel. Program ini memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang sistem informasi pada tingkat sarjana. Simaklah video profil program studi Sarjana Sistem Informasi di samping.

Profil Lulusan

Para lulusan Program Studi Sarjana Ilmu Komputer Fasilkom UI diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga ahli di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 90% dari lulusan Program Studi Sarjana Ilmu Komputer mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan setelah kelulusannya. Lulusan program studi Sarjana Sistem Informasi memiliki profil sebagai berikut:

  • Sarjana Ilmu Komputer: memiliki pengetahuan teori fondasi ilmu komputer yang kuat diimbangi dengan pengetahuan praktis teknologi SI/TI terkini, memiliki penalaran yang kritis, sistematis, logis, dan mengikuti kaidah ilmiah dalam menyelesaikan masalah.
  • Profesional: menunjukkan kinerja mandiri dan bermutu, mengambil keputusan secara cermat berdasarkan hasil analisis informasi, bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja, pengelolaan diri yang baik, kemampuan adaptasi dan senantiasa belajar untuk pengembangan karir secara berkelanjutan
  • Perancang solusi SI/TI terhadap permasalahan nyata organisasi: memiliki kemampuan mengidentifikasi suatu permasalahan nyata dalam suatu organisasi dan merancang alternatif solusinya berbasis SI/TI, mampu memilih secara kritis alternatif solusi yang ada dan mengevaluasi efektivitas dan efisiensi solusi dalam menyelesaikan permasalahan nyata organisasi tsb.
  • Bekerja sama secara global: memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dalam tim yang memiliki latar belakang anggota yang berbeda-beda dan tersebar secara geografis, memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.
  • Etika Profesi: menerapkan etika profesi secara konsisten dengan memperhatikan isu-isu legal, etika, dan sosial dalam memanfaatkan SI/TI untuk memecahkan permasalahan nyata pada suatu organisasi.

Menurut survei yang dilakukan secara berkala, sebagian besar lulusan Fasilkom UI bekerja di dalam maupun luar negeri di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang konsultasi teknologi informasi, perbankan, industri perangkat lunak dan jasa lainnya. Sebagian lainnya bekerja di institusi pemerintahan/perguruan tinggi, atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Magister atau Doktor) di dalam dan luar negeri. Di samping itu, beberapa lulusan terjun langsung membangun perusahaan-perusahaan startup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pasar di bidang teknologi informasi melalui produk dan layanan inovatif.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 sudah dibuka. Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.

CPL Universitas Indonesia

CPL yang dirumuskan oleh UI diatur dalam Peraturan Rektor Nomor 7/2020 yang terdiri dari:

UI1. memiliki keterampilan kognitif untuk berpikir kritis, logis, kreatif, dan inovatif, serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;

UI2. memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masalah lingkungan dan kemasyarakatan dalam kerangka kebangsaan Indonesia yang berlandaskan Pancasila;

UI3. mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijaksana;

UI4. mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik dan non akademik;

UI5. memiliki keterampilan non kognitif termasuk keterampilan sosial seperti empati dan resolusi konflik, dan kemampuan bersikap komunikatif untuk berjejaring, berinteraksi, dan bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang, asal usul, budaya, dan perspektif yang berbeda;

UI6. memiliki jiwa kewirausahaan yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika;

UI7. memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai spiritualitas.

CPL Fakultas Ilmu Komputer

CPL Fakultas dirumuskan untuk kedua Program Studi jenjang Sarjana di Fasilkom, sehingga menjadi bagian dari CPL Program Studi, adalah sebagai berikut:

F1. Mampu menerapkan penalaran yang kritis, sistematis, dan logis dalam menganalisa dan memformulasikan masalah serta mengikuti kaidah ilmiah untuk memperoleh solusinya secara komputasional.

F2. Mampu berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dan berkontribusi dalam tim dengan berbagai latar belakang dalam memberikan solusi yang memanfaatkan teknologi informasi di bidang profesinya.

F3. Mampu menerapkan etika profesi secara konsisten dengan memperhatikan isu-isu legal, keamanan, serta sosial dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan.

F4. Mampu beradaptasi dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk pengembangan profesi di bidangnya secara berkelanjutan.

CPL Program Studi Sarjana Ilmu Komputer

CPL untuk Program Studi Sarjana Ilmu Komputer adalah sebagai berikut:

IK1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip komputasi dalam mengidentifikasi solusi dari suatu permasalahan dan menerapkan teknik-teknik komputasi yang sesuai dengan memperhatikan arsitektur sistem secara keseluruhan di mana solusi tersebut diimplementasikan.

IK2. Mampu merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis komputasi mengikuti metodologi pengembangan terkini serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi solusi tersebut dalam menyelesaikan permasalahan dari berbagai sudut pandang.

Di samping dua CPL utama Program Studi yang disebutkan di atas, masing-masing bidang minat pada Program Studi Sarjana Ilmu Komputer berkorespondensi dengan sebuah CPL:

Bidang Minat: Kecerdasan Artifisial

IK3-KAR. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dan teknik lanjut terkini di bidang kecerdasan artifisial dalam mengembangkan sistem cerdas.

Bidang Minat: Rekayasa Perangkat Lunak

IK3-RPL. Mampu mengembangkan perangkat lunak berskala besar dengan menerapkan teknologi perangkat lunak terkini dan prinsip-prinsip penjaminan mutu perangkat lunak.

Bidang Minat: Infrastruktur & Security

IK3-ARS. Mampu merancang dan mengembangkan infrastruktur komputer yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan prinsip-prinsip keamanan terkini.