Doktor Ilmu Komputer UI Kaji Pendekatan Otomatis dalam Menganalisis Level Kehadiran Kognitif pada Transkrip Teks Diskusi Asinkron

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Doktor Ilmu Komputer UI Kaji Pendekatan Otomatis dalam Menganalisis Level Kehadiran Kognitif pada Transkrip Teks Diskusi Asinkron

Depok, 09 Januari 2024 – Sidang terbuka promosi doktor ilmu komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yaitu Sdr. Mubarik Ahmad berjudul “Analisis Konten Otomatis Level Kehadiran Kognitif pada Transkrip Diskusi Asinkron Berbahasa Indonesia Menggunakan BERT Language Model” bertempat di Ruang Sidang lt. 4 Gedung Baru Fasilkom, Kampus UI Depok.

Dalam disertasinya Mubarik menjelaskan bahwa forum diskusi asinkron merupakan media pembelajaran kolaboratif daring yang mampu mendorong pemikiran kritis, pertukaran gagasan, serta pembentukan pengetahuan mahasiswa. Di sisi lain, pengajar sebagai fasilitator diskusi menghadapi tantangan dalam mengevaluasi sejauh mana keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh mahasiswa dalam diskusi. Analisis konten konvensional merupakan metode ilmiah yang umum digunakan dalam mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis pada transkrip diskusi asinkron. Namun, metode ini memiliki banyak kekurangan yaitu tidak mampu menganalisis data yang besar, memakan waktu yang lama, dan membutuhkan pengode yang terlatih. Hal ini dapat mengakibatkan pengajar terlambat dalam memberikan intervensi instruksional karena informasi keterampilan berpikir kritis tidak dapat diperoleh secara cepat. Berdasarkan latar belakang ini, penelitian Mubarik mengkaji pendekatan otomatis dalam menganalisis level berpikir kritis mahasiswa dalam diskusi.

Ia juga menjelaskan jika penelitian tersebut mengacu pada kerangka kerja Community of Inquiry (CoI). Dalam kerangka kerja CoI, keterampilan berpikir kritis dioperasionalisasikan dalam elemen kehadiran kognitif yang terdiri dari empat level yaitu pemantik diskusi, eksplorasi, integrasi, dan resolusi. Lebih lanjut ia juga mengungkapkan terkait tujuan penelitiannya adalah mengembangkan sistem yang mampu menganalisis secara otomatis level kehadiran kognitif pada transkrip diskusi berbahasa Indonesia berbasis machine learning.

Melalui desain penelitian dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif, Mubarik mengeksplorasi 1.200 pesan diskusi dari mata kuliah Aljabar Linear di lingkungan pembelajaran bauran sebagai data eksperimen. Alhasil, penelitian menunjukan bahwa kesiapan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran dan lingkungan e-learning sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan kehadiran sosial dan kehadiran kognitif. Ia juga menggarisbawahi telah menghasilkan dataset level kehadiran kognitif pada transkrip diskusi asinkron yang dibangun dengan metode analisis konten yang reliabel dengan kategori hampir sempurna.  

Ia juga menegaskan terkait kontribusi utama penelitian yaitu, konteks Bahasa Indonesia menjadi keterbaharuan utama dalam penelitian ini. “Penelitian ini adalah penelitian pertama yang mengeksplorasi pendekatan otomatis dalam menganalisis level kehadiran kognitif pada transkrip diskusi berbahasa Indonesia. Penelitian ini berkontribusi secara teoretis dan praktis dengan menghasilkan dataset, model klasifikasi level kehadiran kognitif berbasis BERT, dan sistem Cognipresa (Cognitive Presence Analytics),” ungkapnya.

Mubarik juga menyampaikan eksperimen pengembangan model analisis kehadiran kognitif tersebut menggunakan 10 basis algoritma. Model berbasis IndoBERT-large menunjukkan hasil performa terbaik dengan akurasi sebesar 0,825 dan dipilih untuk diimplementasikan ke dalam sistem. Sistem Cognipresa juga telah ia kembangkan untuk memfasilitasi pengajar dengan menganalisis kehadiran kognitif mahasiswa dalam diskusi secara otomatis. Hasil yang ditunjukan evaluasi sistem tersebut menjanjikan dari sisi usability dengan nilai system usability scale sebesar 80,83.

Sidang promosi Sdr. Mubarik Ahmad diketuai oleh Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc; serta turut menghadirkan penguji antara lain, Prof. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D; Dr. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc; Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom; Dr. rer.nat. Fariz Darari, S.Kom., M.Sc; dan Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. (Universitas Gadjah Mada). Dalam sidang promosi ini yang bertindak sebagai promotor yaitu Prof. Dr. Kasiyah, M.Sc. dan Ko-Promotor, Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Hasil sidang tersebut memutuskan sebagai lulusan ke-133 program Doktor di Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Mubarik Ahmad dengan yudisium Cumlaude.