Doktor Ilmu Komputer UI Kaji Pembelajaran Adaptif Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan daring Perguruan Tinggi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Doktor Ilmu Komputer UI Kaji Pembelajaran Adaptif Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan daring Perguruan Tinggi

Depok, 09 Januari 2024 – Mengawali tahun 2024,  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali mengadakan sidang terbuka promosi doktor bidang Ilmu Komputer yaitu, Sdri. Endina Putri Purwandari bertempat di ruang sidang lt.4 Gedung Baru Fasilkom UI, Kampus UI Depok.

Disertasi Endina Putri Purwandari berjudul “Pembelajaran Daring Adaptif untuk Mendukung Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Kerangka Kerja Komunitas Inkuiri di Perguruan Tinggi”, mengangkat persoalan pembelajaran daring adaptif yang lebih menekankan pada sistem yang mampu mengambil keputusan secara otomatis untuk mengakomodasi proses belajar, penyesuaian konten, dan aktivitas pembelajaran berdasarkan kebutuhan karakteristik individu pemelajarnya. Hal-hal yang termasuk aktivitas pembelajaran adaptif yaitu, materi pengayaan, tugas individu, tugas kelompok, kuis, contoh soal, dan forum diskusi.

Ia juga menuturkan tahapan penelitian terkait sistem terbagi menjadi empat yaitu, analisis studi literatur dan kesiapan awal kelas, pengembangan model sistem dengan representasi pengetahuan ontologi dan arsitektur sistem, pembangunan sistem berbasis daring dengan model desain instruksional dan model pengembangan perangkat lunak, hingga evaluasi hasil implementasi rancangan sistem dengan analisis kualitatif maupun kuantitatif.

Ia juga menjelaskan dalam presentasi penelitiannya jika eksperimen penelitian dilakukan dalam lima modul tentang pemrograman Java. Selanjutnya kelas penelitian terbagi menjadi tiga bagian yakni, uji skala terbatas; kelas kontrol; dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis kesiapan awal kelas, ia menjelaskan jika hasil tersebut menunjukan mahasiswa pengguna aplikasi telah siap mengonstruksi kerangka kerja komunitas inkuiri dalam pembelajaran daring. Sementara ia juga mengemukakan pendapat bahwa analisis studi literatur menunjukan taksonomi Bloom sebagai kerangka teori dan pengukuran pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Lebih lanjut pengembangan sistem menghasilkan empat model antara lain, model siswa; adaptasi; konten; dan instruksi. Selanjutnya komponen model adaptasi mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui: tingkatan materi; aktivitas pembelajaran; penilaian tes; dan

aturan variabel logika Fuzzy. Sementara komponen model konten mengikuti kerangka kerja komunitas inkuiri terutama kehadiran kognitif.

Hasil evaluasi dari penelitiannya menunjukan System Usability Scale di skala terbatas dan kelas eksperimen berada pada tingkat baik dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Terkait Forum diskusi menggunakan kerangka komunitas inkuiri dapat menghasilkan kehadiran kognitif tertinggi pada komentar eksplorasi, kemudian integrasi, pemicu, dan resolusi. Hasil identifikasi adaptif secara otomatis sistem dengan fungsi trapesium modifikasi dalam penelitian menunjukkan nilai akurasi lebih baik daripada fungsi segitiga, gaussian, dan decision tree. Hasil analisis statistik dan kluster seluruh komponen model adaptasi menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis.

Ia juga menyebutkan bahwa penelitiannya menghasilkan model dan sistem pembelajaran daring adaptif yang menggunakan kerangka kerja komunitas inkuiri pada kehadiran kognitif. Ia menegaskan kontribusi dari kajian tersebut mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis di perguruan tinggi.  Penelitian ini telah dipublikasikan di Jurnal Internasional terindeks Scopus Q1 dan HAKI perangkat lunak sistem pembelajaran daring adaptif.

Sidang Promosi Sdri. Endina Putri diketuai oleh Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc; serta turut menghadirkan penguji antara lain Prof. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D.; Ir. Wahyu Catur Wibowo M.Sc., Ph.D; Dr.rer.nat. Fariz Darari, S.Kom., M.Sc; Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom; dan Prof. Yusep Rosmansyah, S.T., M.Sc., Ph.D. (Institut Teknologi Bandung). Dalam sidang promosi tersebut, bertindak sebagai promotor yakni Prof. Dr. Kasiyah, M.Sc. dan Ko-Promotor, Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Sebagai lulusan ke-132 program Doktor Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Endina Putri Purwandari dengan yudisium kehormatan tertinggi (Summa Cumlaude).