Guru Besar Tetap Fasilkom UI Bahas Cara Menghadirkan Sisi Manusia Dalam Pembelajaran Berbantuan Komputer Melalui Riset Sistem Interaksi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Guru Besar Tetap Fasilkom UI Bahas Cara Menghadirkan Sisi Manusia Dalam Pembelajaran Berbantuan Komputer Melalui Riset Sistem Interaksi

Guru Besar Tetap Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) Bidang Ilmu Sistem Interaksi Prof. Harry Budi Santoso, Ph.D., dikukuhkan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro S.E., M.A., Ph.D. pada Rabu (20/12/2023) di Balai Sidang, Kampus UI, Depok, Jawa Barat. Pengukuhan tersebut ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Rektor UI dan penyampaian orasi ilmiah.

Ia menyampaikan pidato ilmiah berjudul “Menghadirkan Sisi Manusia Dalam Pembelajaran Berbantuan Komputer Melalui Riset Sistem Interaksi”. Lahir di Bangkalan, saat ini ia memegang jabatan struktural di Fasilkom UI sebagai Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer.

Dalam orasi ilmiahnya ia mengungkapkan perkembangan teknologi terkini dengan munculnya tren produk-produk digital dengan tujuan pengembangan dan jenis antarmuka yang bervariasi. Bidang kajian Sistem Interaksi lahir untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak, baik dari sisi antarmuka, usability, dan pengalaman pengguna.

Berdasarkan hasil kajian yang dilansir Future Jobs Report tahun 2023, diperkirakan pada 2027 hampir setengah dari aktivitas kerja akan dikelola oleh otomatisasi. Hal tersebut mengingatkan bahwa kebutuhan akan kajian-kajian sistem interaksi sangat tinggi agar tidak terjadi kesenjangan lebar antara desain aplikasi dengan perspektif pengguna aplikasi. “Sistem interaksi terkait erat dengan Human-Computer Interaction (HCI), suatu bidang multidisiplin yang mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer dan teknologi”, tegasnya.

Lebih lanjut soal kontribusi penelitiannya terhadap tridarma bidang Sistem Interaksi ia menegaskan dalam domain pendidikan, pengembangan mata kuliah Sistem Interaksi mencakup berbagai aspek dan sejarah interaksi manusia-komputer, kognisi manusia, proses desain interaksi, metode pengumpulan dan analisis data, serta evaluasi desain prototipe.

Untuk bidang penelitian, ia menjelaskan bahwa terdapat variasi area kajian sistem interaksi. Bidang ini berfokus pada upaya peningkatan pemahaman tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan teknologi, seperti penggunaan metode user-centered design, redesain antarmuka aplikasi, evaluasi usability dan user experience, dan lain-lain. Sementara pengabdian masyarakat dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori utama yaitu, sesi berbagi pengetahuan dalam pengembangan aplikasi, program pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan aplikasi yang spesifik.

Prof. Harry Budi Santoso, Ph.D., menyelesaikan program studi Sarjana Ilmu Komputer pada 2003 dan program studi program Magister Ilmu Komputer pada 2007; keduanya ia selesaikan di Fasilkom UI. Pada tahun 2009-2013 ia menyelesaikan program PhD di bidang Engineering Education yang berada di Department of Engineering Education, College of Engineering, Utah State University. Kampus tersebut berlokasi di Logan, Utah, United States. Prosesi pengukuhan Guru Besar ini disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Universitas Indonesia dan UI Teve.