Fasilkom UI Gelar Pelatihan Tanggap Darurat dan Pemadaman Api Kecil dengan APAR

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Fasilkom UI Gelar Pelatihan Tanggap Darurat dan Pemadaman Api Kecil dengan APAR

Depok, 24 November 2023 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar Pelatihan Tanggap Darurat dan Pemadaman Api Kecil menggunakan  Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada hari Jumat, 24 November 2023 di Gedung Baru, Kampus UI Depok. Pelatihan ini bertujuan melatih serta memberikan pengetahuan khususnya bagi para civitas Fasilkom UI tentang penanganan darurat bilamana terjadi keadaan darurat di lingkungan fakultas. 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan serta sambutan dari Manajer Pengadaan, Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas Fasilkom UI, yaitu Bapak Hafied Nur Siddiqi, M.T.I. Kemudian kegiatan pemaparan materi seperti Awareness tanggap darurat, Penanggulangan tujuh keadaan darurat serta Pengenalan tim tanggap yang dipaparkan oleh unit pengelola/manajemen risiko Keselamatan, Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L) UI.

Foto bersama peserta pelatihan

Usai sesi pemaparan materi, para peserta kemudian melakukan simulasi pemadaman api kecil dan pemadaman api kecil menggunakan APAR yang dipandu oleh tim UPT K3L UI. Kegiatan ini dihadiri oleh para Tenaga Kependidikan, Tenaga Keamanan, Tenaga Kebersihan, dan Elemen Kantin guna meningkatkan kewaspadaan dan kepeduliaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

Bapak Harry Sunarto selaku Ketua K3L Fasilkom UI menyampaikan bahwa pelatihan tanggap darurat sangat diperlukan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Ia juga berharap kedepannya pelatihan-pelatihan seperti akan dilakukan secara berkala mengingat pentingnya tindakan darurat di wilayah UI khususnya Fasilkom.