RESPOND-OR-X: Penelitian Sistem Pendukung Keputusan untuk Membantu Indonesia Lebih Siap Menghadapi Bencana Alam

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > RESPOND-OR-X: Penelitian Sistem Pendukung Keputusan untuk Membantu Indonesia Lebih Siap Menghadapi Bencana Alam
Foto banjir indonesia

Para ahli logistik dan penelitian operasional dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) dan Lancaster University Management School (LUMS) membantu organisasi kesiapsiagaan dan respons bencana di Indonesia meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana alam.

Tim dari Lancaster akan mempresentasikan karya mereka bersama ilmuwan komputer dari Universitas Indonesia dalam workshop “Effective Response to Natural Disasters: The RESPOND-OR-X Decision Support System (DSS)” di Jakarta pada tanggal 30 November 2023.

Anggota proyek multi-disiplin internasional RESPOND-OR-X akan bertemu dengan agensi penanggulangan bencana nasional dan regional, perwakilan organisasi non-pemerintah, dan para ahli akademis.

RESPOND-OR-X merupakan perluasan dari proyek RESilient Emergency Preparedness for Natural Disaster Response through OR (RESPOND-OR), yang didanai oleh UKRI GCRF/EPSRC. RESPOND-OR-X didanai oleh dana hibah UKRI GNCA, dengan dukungan berkelanjutan dari Global Advancement Fund (GAF) Lancaster University. Proyek ini dipimpin oleh Pusat Transportasi dan Logistik (CENTRAL) LUMS dan melibatkan Universitas Indonesia. Workshop ini didanai oleh Lancaster University dan didukung oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia) dan Forum Kemanusiaan Indonesia (HFI).

Sistem Pendukung Keputusan RESPOND-OR/RESPOND-OR-X (DSS) bertujuan untuk membantu Indonesia lebih baik mempersiapkan responsnya terhadap bencana alam seperti banjir dan letusan gunung berapi.

Profesor Konstantinos Zografos, Direktur Centre for Transport and Logistics (CENTRAL) di LUMS, dan Peneliti Utama pada proyek RESPOND-OR dan RESPOND-OR-X, akan menjadi salah satu pembicara, bersama dengan perwakilan dari mitra dan pendukung proyek Indonesia.

Anggota lain dari proyek RESPOND-OR-X yang berbicara di acara tersebut termasuk Profesor Heru Suhartanto, dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia; dan Profesor Juliana Sutanto, dari Universitas Monash, Australia (sebelumnya dari Lancaster University).

Profesor Zografos menyampaikan bahwa, “CENTRAL berkomitmen untuk mengatasi masalah nyata yang signifikan dan dampaknya. Indonesia dilanda berbagai bencana alam. Melalui RESPOND-OR dan RESPOND-OR-X, kami mengembangkan DSS yang mencakup model matematika dan algoritma solusi yang memasukkan kompleksitas dunia nyata, serta kebutuhan dan sumber daya organisasi di lapangan yang merespons bencana alam. DSS mendukung Keputusan Evakuasi Bantuan di area yang terdampak bencana, serta perutean dan penjadwalan tim respons bencana, dengan mempertimbangkan kriteria efisiensi dan keadilan.

“DSS RESPOND-OR/RESPOND-OR-X dapat mendukung pemangku kepentingan di agensi pemerintah dan non-pemerintah untuk meningkatkan persiapan dan respons mereka ketika bencana terjadi, mengurangi dampaknya pada populasi yang terpengaruh.

“Dalam workshop ini, kami akan mendemonstrasikan dan menjelaskan penggunaan Sistem Pendukung Keputusan RESPOND-OR-X, serta manfaat potensial dari sistem tersebut, dan menerima umpan balik dari pengguna potensialnya.”

Perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah provinsi, dan Organisasi Non-Pemerintah akan hadir di workshop tersebut, bersama dengan akademisi dari departemen teknologi informasi di universitas-universitas Indonesia.

This page is also available in: English