UI Sebagai World Class University Beri Pelatihan Frontier ICTs for Sustainable Development bagi ASN dari Seluruh Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > UI Sebagai World Class University Beri Pelatihan Frontier ICTs for Sustainable Development bagi ASN dari Seluruh Indonesia

Depok, 04 September 2023 – The Asian and Pacific Training Center for ICT for Develoment (APCICT/ESCAP), bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi & Informatika Indonesia (Kominfo) dan Universitas Indonesia (UI), menyelenggarakan Frontier ICTs for Sustainable Development pada 30 Agustus – 01 September 2023 di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang, Jawa Barat. Sebagai world class university, APCICT/ESCAP menggandeng UI sebagai institusi pendidikan yang terlibat langsung dalam pelatihan ini.

UI melalui Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) menghadirkan Guru besar, Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D., beserta para dosen bidang kepakaran lainnya yakni, Dr. Muhammad Rifki Shihab, B.B.A., M.Sc., dan Bapak Alfan Farizki Wicaksono, S.T., M.Sc., Ph.D. Materi yang diberikan antara lain, etika kecerdasan artisifial/artificial inteligence (AI), gambaran umum AI, peluang AI bagi pembangunan berkelanjutan, pertimbangan penerapan AI, hingga studi kasus penerapan AI di sektor publik. Sebanyak 105 peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti pelatihan ini yang berasal dari instansi pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga pemerintahan lainnnya. 

Pada hari pertama, Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., memberikan sambutan sekaligus membuka agenda pelatihan kepada para peserta dan dilanjutkan oleh sambutan para Keynote Speaker yakni Dr. Hary Budiarto selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo serta Dr. Kiyoung Ko selaku Direktur UNAPCICT. Di hari kedua, Prof. Dr. Yudho Giri Sucahyo memberikan materi pelatihan mengenai pengenalan TIK terdepan untuk pembangunan berkelanjutan beserta studi kasusnya. Hari berikutnya materi kerangka kebijakan dan kerjasama internasional untuk TIK dan peluang AI terhadap pembangunan berkelanjutan dipaparkan oleh Dr. Muhammad Rifki Shihab. Di hari yang sama Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D., juga memaparkan materi pelatihannya yaitu, pertimbangan pemanfaatan dalam penggunaan AI dan studi kasus di sektor publik. Hingga di hari terakhir, Dr. Jaeyung Huh peneliti dari Korea Maritime Institute juga menyampaikan paparan materi seputar etika modul AI. 

Pelatihan Frontier ICTs for Sustainable Development ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman para peserta mengenai tren-tren TIK terkini, khususnya bidang AI, dan mengidentifikasi langkah-langkah utama arah kebijakan untuk penerapan efektif dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. Sekilas mengenai Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sebuah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kominfo yang memiliki tugas melaksanakan pelatihan (vocational training), uji kompetensi dan sertifikasi, serta pelayanan produk jasa  bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi.