Lab 1231 Fasilkom UI Gelar Acara Reuni Sekaligus Pendirian Asosiasi Rumah Penelitian Kecerdasan Buatan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Lab 1231 Fasilkom UI Gelar Acara Reuni Sekaligus Pendirian Asosiasi Rumah Penelitian Kecerdasan Buatan

Depok, 2 September 2023 – Laboratorium (Lab) 1231 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) resmi menggelar acara reuni alumni lab yang dihadiri lebih dari 50 lulusan program studi sarjana, magister, dan doktor ilmu komputer Fasilkom UI. Para alumni tersebut saat ini banyak yang berkiprah di berbagai belahan dunia, sebagian besar berprofesi sebagai akademisi dan peneliti di bidang artificial intelligence (AI). Pada kesempatan yang sama, Guru Besar sekaligus pembina Lab 1231, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., menginisiasi didirikannya Asosiasi Rumah Penelitian Artificial Intellegence di Wisma Makara, Kampus UI.

Ia juga menjelaskan dengan didirikannya asosiasi tersebut bertujuan sebagai wadah bagi para peneliti untuk saling membantu dalam rangka penelitian yang sedang dikerjakan. Selain itu, ia juga menambahkan dengan adanya asosiasi ini, potensi untuk mendapatkan hibah penelitian dapat lebih besar di kalangan alumni atau anggota asosiasi. 

Para Alumni Lab 1231 Fasilkom UI dari berbagai angkatan

Adapun struktur kepengurusan angkatan pertama asosiasi ini antara lain, Dr. Ario Yudo Husodo selaku Ketua Umum, Grafika Jati, M.Kom selaku Wakil Ketua Umum, Dr. Kurniawati Azizah selaku Sekretaris, dan Dr. Ananto Tri Sasongko bendahara. Acara dilanjutkan dengan penyerahan seragam Lab 1231 secara simbolis menandai didirikannya Asosiasi Rumah Penelitian Artificial Intelligence.  

Turut hadir dalam acara reuni yaitu Direktur Utama RSCM Dr. Lies Dina Liastuti; serta beberapa pihak manajemen dan dosen Fasilkom UI selaku alumni Lab 1231 yaitu, Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D; Bapak Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D; dan Bapak Ari Wibisono, M.Kom. Acara ini juga diakhiri dengan sesi sharing dan networking. Lab 1231 sekarang dikenal dengan nama Lab Intelligent Robots & Systems (IRoS) yang  merupakan lab penelitian dengan fokus pada perancangan sistem komputer intelejen seperti robot.