Fasilkom UI Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pribadi bagi Para Tenaga Kependidikan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Fasilkom UI Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pribadi bagi Para Tenaga Kependidikan

Depok, 25 Agustus 2023 – Unit kerja Sumber Daya Manusia (SDM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar pelatihan pengelolaan keuangan pribadi selama dua hari pada 24 – 25 Agustus 2023 di Ruang Sidang Gedung Baru, Kampus UI. Pelatihan ini ditujukan khusus bagi para tenaga kependidikan di Fasilkom UI agar memahami pentingnya pengelolaan keuangan pribadi dengan bijak dan tepat.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan Dr. Anna Amalyah Agus, S.E., M.B.A. selaku trainer. Pada hari pertama, para tenaga kependidikan Fasilkom UI diberi pemahaman bagaimana cara mengatur pengelolaan keuangan pribadi/keluarga yang baik. Di hari kedua, para peserta dikelompokkan ke dalam grup dan melakukan roleplay terkait pemahaman perencanaan keuangan dalam konteks anggota keluarga.

Setiap grup mempresentasikan hasil diskusi laporan/rencana tujuan hidup dan keuangannya. Aktivitas ini bermaksud untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk menentukan tujuan keuangan tiap-tiap individu di masa yang akan datang. Para tenaga kependidikan Fasilkom UI juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan sesi one-on-one interview terkait pengembangan rencana keuangannya, baik itu pengelolaan keuangan pribadi maupun pengelolaan keuangan anggota keluarga.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi para tenaga kependidikan di Fasilkom UI dalam mengelola perencanaan keuangan, sehingga mampu memiliki kendali atas perencanaan keuangan pribadi dengan membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan.