Universitas Indonesia Raih Perolehan Medali Terbanyak ke-2 GEMASTIK XVI 2023 

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Universitas Indonesia Raih Perolehan Medali Terbanyak ke-2 GEMASTIK XVI 2023 

Depok, 15 September 2023 – Universitas Indonesia (UI) sukses menorehkan medali terbanyak di urutan kedua pada Gelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke XVI tahun 2023 yang digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tim UI yang didominasi oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) sukses meraih lima medali pada lima dari 11 kategori kompetisi.

Raihan medali yang didapat yakni pada kategori Programming, Karya Tulis Ilmiah (ICT Scientific Paper), Data Mining, dan Software Development. Kompetisi Gemastik XVI ini juga banyak diikuti oleh 70 Universitas bergengsi se-Indonesia antara lain, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin dan lainnya. 

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., memberikan apresiasi kepada tim UI yang sudah berlaga dengan sangat baik khususnya bagi para mahasiswa Fasilkom. “Selamat atas capaian yang sudah diberikan bagi UI dan fakultas dengan menorehkan prestasi di kompetisi bergengsi Gemastik XVI tahun ini,” ungkap Dekan Mursanto. 

Tahun ini, UI mengikutsertakan 43 mahasiswa yang berlaga pada gelaran Gemastik XVI. Sebanyak lima tim, lima dosen pembimbing serta 15 mahasiswa sukses menorehkan medali bagi UI. Ke lima tim terserbut masing-masing dibimbing oleh Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D; Ari Saptawijaya, S.Kom., M.Sc., Ph.D; Alfan Farizki Wicaksono, S.T., M.Sc., Ph.D; dan Dr. Ade Azurat, S.Kom. Adapun dosen pembimbing tim UI lainnya yakni, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom; Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc; Suci Fadhilah, S.Kom., M.Sc; Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc; Amril Syalim, S.Kom., M.Eng., Ph.D.

Adapun 15 mahasiswa yang merupakan anggota dalam lima tim yang berhasil meraih medali yakni, Nyoo Steven Christopher Handoko, Uttsada Jason, Steven Novaryo, Arvin, Mahartha Gemilang, Muflih Naufal Maxi, Lim Bodhi Wijaya, Sri Saraswati Widhisari, Yosef Nuraga Wicaksana, Bryan Tjandra, Oey Joshua Jodrian, Jeremy Alva Prathama, Nayyara Airlangga Raharjo, dan Wayan Angga Putra Aldita. 

Rangkaian perlombaan ini telah berlangsung sejak 12 September 2023. Rangkaian tersebut terdiri dari pendaftaran perguruan tinggi dan tim, pra-kegiatan, unggah proposal/penyisihan, masa penjurian penyisihan, pengumuman daftar finalis, dan babak final serta puncak acara pada Jumat (15/09/2023). Gelaran ini diakhiri dengan upacara penutupan, pengumuman pemenang, dan penyerahan hadiah bertempat di Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.