Menyambut Perjalanan Baru, Fasilkom UI Gelar Orientasi Belajar Mahasiswa Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer Tahun Ajaran Ganjil 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Menyambut Perjalanan Baru, Fasilkom UI Gelar Orientasi Belajar Mahasiswa Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer Tahun Ajaran Ganjil 2023/2024

Depok, 14 Agustus 2023 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar acara Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) program studi magister dan doktor ilmu komputer tahun ajaran ganjil 2023/2024 bertempat di ruang sidang gedung baru, Kampus UI Depok, Jawa Barat. Sebanyak 32 mahasiswa baru pascasarjana terdiri dari 27 mahasiswa Magister Ilmu Komputer (MIK) dan lima mahasiswa Doktor Ilmu Komputer (DIK) mengikuti sesi pengenalan OBM.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto dalam sambutannya juga menekankan tujuan kegiatan tersebut tidak lain mengenal sistem akademik beserta fasilitas yang nantinya akan diperoleh oleh para mahasiswa pascasarjana selama berkuliah di Fasilkom UI.  “OBM ini diselenggarakan untuk bisa mengkomunikasikan, fasilitas, sumber daya, serta layanan yang disediakan Fasilkom UI dalam rangka menyukseskan studi anda, saya juga berharap koordinasi yang baik diperlukan bagi anda maupun fakultas,” ungkap Dekan Mursanto.

Acara terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi khusus untuk mahasiswa program studi MIK dan sesi siang untuk program DIK. Acara juga dihadiri oleh beberapa pihak manajemen dosen seperti Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan; Manajer Teknologi Informasi (TI), Dr. Rizal Fathoni Aji; Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat yaitu Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D; dan Manajer Pendidikan yaitu Dr. Dina Chahyati. Sesi fasilitas dijelaskan oleh Dr. Rizal selaku Manajer TI mengenai fasilitas yang ada di Fasilkom UI. Kemudian untuk sesi penjelasan Lab dan pusat riset dipaparkan oleh Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D, pada sesi ini beliau menjelaskan Fasilkom UI memiliki tujuh lab penelitian dan satu pusat penelitian yaitu AI center. Pemaparan berlanjut mengenai penjelasan umum perkuliahan pascasarjana oleh Dr. Dina Chahyati dan juga penjelasan fasilitas penunjang mahasiswa yaitu perpustakaan yang diwakili oleh Ibu Dira dari perwakilan Perpustakaan Fasilkom UI. 

Agenda kedua kali ini penjelasan kurikulum program studi DIK yang dipaparkan oleh Koordinator Program Studi MIK – DIK yaitu Bapak Harry Budi Santoso, Ph.D. Ia menjelaskan mengenai gagasan dan strategi belajar mahasiswa pascasarjana. Ia juga menekankan bahwa mahasiswa pascasarjana harus aktif dan mampu menulis karya ilmiah atau jurnal sedari awal. Ia berharap mahasiswa pascasarjana Fasilkom UI mampu terlibat dalam kegiatan-kegiatan akademik yang diadakan fakultas demi menunjang kebutuhan akademis, guna memberikan gambaran mengenai penelitian.