Fasilkom UI Sambut Mahasiswa Baru Program Sarjana Tahun Akademik 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Sambut Mahasiswa Baru Program Sarjana Tahun Akademik 2023/2024

Depok, 18 Agustus 2023 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyambut para mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 di Kampus UI, Depok, Jawa Barat. Kegiatan rutin tahun tersebut dilakukan guna memperkenalkan kehidupan akademik fakultas dan selanjutnya disebut dengan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) yang berlangsung pada 15,16 dan 18 Agustus 2023.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. mengatakan bahwa para mahasiswa baru nantinya tidak hanya sebagai pengguna Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) saja namun ikut berkontribusi menyajikan fasilitas aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh orang banyak, di situlah mereka akan belajar bagaimana mengembangkan produk-produk berbasis TIK. “Intinya karena semua bidang saat ini membutuhkan dukungan IT, maka sangat dipastikan teman-teman yang hadir dan bergabung ke Fasilkom sangat dibutuhkan nantinya dalam dunia kerja”.

Dekan Mursanto saat memberikan sambutan dalam Pengenalan Sistem Akademik Fakultas di Auditorium Indro Suwandi, Gd. Baru, Kampus UI, Depok, Jawa Barat

Pada tahun ajaran 2023/2024 tercatat sebanyak 475 mahasiswa yang diterima oleh Fasilkom UI dengan rincian, 203 mahasiswa program studi ilmu komputer; 230 mahasiswa program studi sistem informasi; dan 42 mahasiswa program studi ilmu komputer untuk Kelas Khusus Internasional (KKI). Selama tiga hari, para mahasiswa baru melakukan sejumlah agenda kegiatan seperti, kampus tur ke gedung bundar dan gedung baru; penjelasan peraturan akademik oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D.; penjelasan kurikulum program studi sarjana sistem informasi oleh Dr. Putu Wuri Handayani beserta program studi sarjana ilmu komputer dan kelas internasional oleh Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.; dan juga para mahasiswa baru Fasilkom UI berkesempatan memasuki sesi pertemuan dengan para dosen pembimbing akademik guna memilih untuk berkonsultasi mengenai rencana pendidikan selama menempuh program sarjana di Fasilkom UI.

Dilanjut dengan sesi pengenalan fasilitas dan infrastruktur, untuk bagian teknologi dan jaringan dari manajemen ITF yaitu Dr. Rizal Fathoni Aji selaku Manajer Teknologi Informasi Fasilkom menjelaskan beberapa fasilitas kelas dan laboratorium penunjang kegiatan belajar-mengajar yang ada di Fasilkom UI. Kemudian dilanjut dari perwakilan manajemen perpustakaan Fasilkom UI, Sdri. Dira Chairunnisa menjelaskan mekanisme peminjaman buku serta tata cara berkunjung ke perpustakaan Fasilkom UI, dan perwakilan unit Fasilitas Umum Fasilkom UI diwakili oleh Bapak Harry Sunarto menjelaskan tata cara penggunaan fasilitas yang ada di gedung lama dan baru Fasilkom UI.

Di hari terakhir kegiatan dibuka dengan sesi kemahasiswaan oleh Bapak Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D. selaku manajer kemahasiswaan serta sesi acara seminar integritas dan kejujuran akademik oleh Bapak Lim Yohanes Stefanus, Ph.D. Kemudian rangkaian acara ditutup dengan sesi pengenalan Unit Kegiatan Fakultas, Unit Kegiatan Olahraga dan Laskar Biru Merah.