Fasilkom UI Kembali Gelar Program Short Course Credit Earning (UI Creates) Kali ini Tentang AI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Kembali Gelar Program Short Course Credit Earning (UI Creates) Kali ini Tentang AI

Dewasa ini kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) semakin sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. AI dapat bermanfaat dalam berbagai sektor untuk meningkatkan kemampuan ataupun value yang kian memudahkan manusia. Oleh karena itu Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan program UI Credit Earning Program for Students (UI CREATES) secara daring dengan tema (Not So) Basic Artificial Intelligence dalam rangka mendukung internasionalisasi UI yang lebih inovatif, inklusif, mandiri, bermartabat di Asia Tenggara pada tahun 2024.

Manajer Kerjasama Pendidikan dan Riset Fasilkom UI, Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, M.Sc., selaku PIC pelaksana kegiatan UI-CREATES 2023 di Fasilkom mengatakan bahwa program UI CREATES tahun ini tentunya berbeda dengan tahun lalu. “Tahun lalu kami (Fasilkom) melalui UI CREATES memfokuskan peserta (para mahasiswa dari mitra universitas luar) dengan pengenalan Blockchain technology dan Cybersecurity. Perkembangan AI saat ini merupakan momentum tepat jika dalam kegiatan UI Creates tahun ini kami melakukan pengenalan pada bidang AI” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa peserta program UI Creates tahun ini berasal dari Malaysia dan Timor Leste yakni, Universiti Kuala Lumpur dan Dili Institute of Technology dengan total sebanyak 40 Mahasiswa. Program UI Creates tahun ini di selenggarakan pada 5 Juni – 10 Agustus 2023, selama periode tersebut para peserta nantinya akan mendapatkan banyak rangkaian kegiatan belajar meliputi kegiatan akademik, perkuliahan, asesmen, reading serta kegiatan kultural dan networking session secara daring. Perkuliahan nantinya akan dipandu oleh para Dosen pakar di bidang AI yang ada di Fasilkom UI yakni Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D; Dr. Dina Chahyati; Bapak Fariz Darari, Ph.D; Ibu Evi Yulianti, Ph.D; dan Siti Aminah, M.Kom.

Selain perkuliahan akademik dari para dosen pakar AI Fasilkom UI, peserta juga mengikuti sesi Guest Lecture Series in AI yang diselenggarakan pada 10-14 Juli 2023 yang menghadirkan dosen tamu, Rizki Mardian, Ph.D., Head of Data and Analytics, Octopus Indonesia; Omar Abdillah, M.Kom, General Manager of Data and Customer Intelligence, Kompas Gramedia Group; dan Radityo Eko Prasojo, Ph.D., Head of AI and Data Science, Pitik Digital Indonesia. Kegiatan Guest Lecture Series ini sifatnya terbuka bagi seluruh civitas akademika Fasilkom UI.

Program UI-CREATES merupakan pendidikan jarak jauh dengan lingkup mata kuliah berkredit dalam bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh fakultas di UI dengan lingkup akademik, bahasa, budaya, interaksi antar mahasiswa, serta kunjungan virtual dengan perusahaan atau institusi terkait secara daring. Tujuan program UI-CREATES adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing pada suatu program studi serta meningkatkan kapasitas dalam mengembangkan mata kuliah program singkat berbahasa Inggris. Program ini setara dengan 28 jam kuliah dan kegiatan belajar, mahasiswa yang berhasil mengikutinya akan memperoleh kredit dari UI sebanyak 2 SKS. Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto juga menambahkan terkait program UI Creates yang dijalankan dinilai sangat baik. “Program UI Creates kali ini mengangkat tema tentang kecerdasan artifisial di mana kita tahu dunia bahkan industri saat ini sedang hangat membahas hal tersebut, saya berharap internasionalisasi melalui program ini juga berdampak pada internasionalisasi program studi yang ada di Fasilkom UI, khususnya Ilmu Komputer,” tutup Dekan Mursanto.