Gelaran UI Open Days 2023 Tatap Muka Perdana, Fasilkom UI Jadi Pusat Peminatan Para Calon Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Gelaran UI Open Days 2023 Tatap Muka Perdana, Fasilkom UI Jadi Pusat Peminatan Para Calon Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan kegiatan tahunan UI Open Days 2023 pada 27-28 Mei 2023 secara luring untuk pertama kalinya di Balai Sidang – Balai Irung, kampus UI Depok, Jawa Barat usai merebaknya virus COVID-19 lalu. Program studi Ilmu Komputer (ILKOM) dan Sistem Informasi (SI) banyak diminati oleh para calon mahasiswa, tak ayal mereka juga didampingi oleh orang tua hingga jajaran manajemen sekolah para calon mahasiswanya. 

Mengacu pada The Quacquarelli Symonds World University Ranking by Subject tahun 2022, UI melalui bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi jadi yang tertinggi di Indonesia baik dalam hal bidang peminatan maupun mutu pendidikan serta kualitas penelitian. Hal tersebut terlihat saat pelaksanaan UI Open Days 2023 selama dua hari di boothFasilkom UI yang ramai dipadati oleh para calon mahasiswa baik program sarjana, pascasarjana, dan kelas internasional. 

Suasana booth Fasilkom UI, di Balai Irung, Kampus UI Depok (27/05/2023)

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa para calon mahasiswa mendapat kesempatan besar bisa datang UI Open Days tahun ini guna memotivasi niat para calon mahasiswa yang juga banyak didampingi oleh orang tuanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi. 

“Penentuan melanjutkan pendidikan tinggi itu cukup besar terhadap masa depan putra-putri kita. Jadi pendidikan di sini adalah investasi yang tidak akan sia-sia apabila kita menginvestasikan waktu dan perhatian. Ada banyak program-program pendidikan, peluang berkarir, peluang berkarya setelah lulus sekolah. UI Open Days 2023 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anak-anakku sekalian untuk mempelajari, mendapatkan informasi, mendengarkan dari sumbernya langsung terkait karier dan pendidikan agar teman-teman sekalian ikut termotivasi untuk bergabung dengan keluarga besar UI,” ungkapnya saat memberikan pidato sambutan pembukaan UI Open Days 2023, di Balai Irung UI (27/05/2023). 

Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Kelas Internasional, Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D., saat memberikan presentasi profile Fasilkom UI, di Balairung (28/05/2023)

Rangkaian acara hari pertama diawali dengan presentasi pengenalan program dari ke-17 Fakultas, sekolah, dan vokasi yang dilakukan selama dua hari. Pada hari kedua Fasilkom UI mendapat giliran presentasi yang dipandu oleh Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D., selaku Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Kelas Internasional., ia menjelaskan bahwa banyak hal yang dimiliki Fasilkom UI mulai dari perbedaan program studi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, gambaran kurikulum kedua program studi, tujuh lab riset – dua pusat penelitian, prestasi mahasiswa baik nasional maupun internasional seperti gelaran Gemastik hingga ICPC, dan juga kiprah alumninya yang kini sukses di beberapa platform ataupun instansi besar. Kemudian ia juga memberikan beberapa gambaran terkait kurikulum pada program kelas internasional. Ia mengemukakan paparan presentasi mengenai profil dari Fasilkom ke hadapan para audience yang notabenenya yaitu calon mahasiswa, orang tua, dan jajaran manajemen sekolah menengah atas.

“Di Fasilkom itu kita bukan belajar merakit komputer pun membersihkan virus, memang kebanyakan mahasiswa Fasilkom sering diminta bantuan untuk hal-hal tersebut. Namun yang pasti di Fasilkom UI kami menanamkan fondasi-fondasi ilmu komputer untuk peningkatan bidang keilmuan dan juga untuk meningkatkan efisiensi di perusahaan,” Tegas Bapak Alfan. 

Suasana booth Fasilkom UI khusus Program Studi Ilmu Komputer kelas Internasional, di Balai Sidang (28/05/2023)

UI Open Days merupakan acara yang diadakan secara tahunan oleh Universitas Indonesia untuk memperkenalkan program-program pendidikan dari semua fakultas yang ada kepada calon mahasiswa. Dalam acara ini, calon mahasiswa mendapatkan semua informasi tentang program studi, fasilitas kampus, biaya kuliah, beasiswa, serta kesempatan lain yang ditawarkan oleh UI. Dengan mengikuti UI Open Days, calon mahasiswa dan para peserta dapat merencanakan masa depan pendidikan mereka, menyusun strategi, dan memperoleh gambaran yang lebih baik tentang pengalaman kuliah di UI.