Open Lab DL2: Cari Talenta Potensial bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Dalam Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Open Lab DL2: Cari Talenta Potensial bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Dalam Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Menindak lanjuti rangkaian kegiatan Open House Program Pascasarjana 2023, laboratorium Digital Library and Distance Learning (DL2) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengadakan kegiatan Open House khusus lab yaitu Open DL2 resmi dijalankan kembali pada 27 Mei 2023 di Gedung A, Fasilkom UI. Laboratorium DL2 merupakan salah satu dari tujuh lab yang ada di Fasilkom UI dan juga telah berdiri serta berkiprah lebih dari 20 tahun. Kegiatan laboratorium DL2 secara umum meneliti tentang pengembangan suatu sistem informasi, terutama sistem informasi yang digunakan untuk perpustakaan digital dan e-learning. Dalam hal ini, prinsip-prinsip sistem informasi, rasional tentang mengapa suatu sistem informasi dibutuhkan, dan bagaimana sistem informasi tersebut dikembangkan, di evaluasi, dan menjadi isu-isu utama dalam berbagai kegiatan di lab ini. 

Sebagai sebuah lab yang berada di institusi pendidikan tinggi, kiprah yang dilakukan laboratorium DL2 konsisten dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. lab DL2 berkomitmen untuk menjalankan hal tersebut secara seimbang. Hal ini dapat dilihat dari karya-karya dan penghargaan yang dihasilkan serta kontribusi dan layanan yang diberikan lab DL2. Tujuan dari Open Lab DL2 ini adalah sebagai salah satu agenda strategis untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan lab serta menjaring kandidat-kandidat potensial calon mahasiswa program Magister dan Doktor Ilmu Komputer dengan research areas yang berada dalam payung riset lab DL2.

Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer sekaligus Kepala Lab DL2 Fasilkom UI, Bapak Harry Budi Santoso, Ph.D., menghimbau bahwa dengan Open Lab ini semoga mampu menyaring calon mahasiswa-mahasiswa potensial dalam bidang Ilmu Komputer untuk melanjutkan Tri Dharma perguruan tinggi khususnya yang berkesinambungan bagi fakultas, bagi para calon mahasiswa jenjang program studi Magister dan Doktoral di Fasilkom UI. Ia juga berharap, melalui agenda kegiatan ini diharapkan para peserta mengenal lebih dekat Lab DL2 serta para dosen dan mahasiswa yang aktif di dalamnya.

Sesi pemaparan Brown Bag Session oleh Prof. Dr. Kasiyah, di Ruang Rapat Besar, Gedung A Fasilkom UI, Depok, Jawa Barat

Ia juga menambahkan bahwa agenda Open Lab DL2 diselenggarakan secara rutin bersamaan dengan lokakarya Brown Bag Session (BBS) yang dipandu oleh Guru Besar sekaligus dosen serta peneliti Fasilkom UI, Prof. Dr. Kasiyah dengan tema ‘Memupuk berpikir kritis dalam pembelajaran daring asinkron melalui interaksi bermakna & peluang riset.’ Tujuan umum pelaksanaan BBS sebagai sarana atau tempat diskusi terkait strategi pembelajaran, hasil riset, metode penelitian di bidang pendidikan dengan mengundang para dosen informatika dan juga para calon mahasiswa. “BBS ini bermula dari pertemuan informal, mulanya seperti agenda makan siang juga sambil membahas isu tertentu dan terkini seputar sistem informasi dan computer sciences. Kemudian istilah ‘Brown Bag’ muncul ketika para peserta membawa makan siangnya menggunakan tas kertas berwarna cokelat, lebih tepatnya istilah tersebut di ambil dari bahasa inggris dan kultur luar ketika lunch membawa brown bag,” ungkap Bapak Harry. 

Sesi ramah-tamah dan foto bersama Open Lab DL2 Fasilkom UI

Lebih lanjut ia juga menegaskan bahwa “Semoga BBS dapat membantu para peserta khususnya dosen dalam menjalankan perannya di era transformasi digital bidang pendidikan dan penelitian. Dan juga mampu memperluas jaringan dengan di selenggarakan session ini sehingga BBS akan menjadi ajang kolaborasi dosen dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi,” tutup Bapak Harry.