Fasilkom UI Raih Penghargaan UI International Data Ranking Awards untuk THE WUR Dalam Dua Kategori: Best Data dan Person in Charge

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Raih Penghargaan UI International Data Ranking Awards untuk THE WUR Dalam Dua Kategori: Best Data dan Person in Charge

Universitas Indonesia (UI) selalu berpartisipasi dalam pemeringkatan World University Rankings setiap tahunnya. Terakhir UI kembali mendapat peringkat pertama untuk universitas terbaik se-Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia yaitu, Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) di tahun 2022 lalu.

THE juga merilis beberapa subjek yang menjadi indikator penilaian bahwa UI menjadi nomor satu di Indonesia melalui 11 bidang keilmuan yang ada antara lain, ilmu budaya, ekonomi bisnis, hukum, ilmu sosial, ilmu komputer, teknik, ilmu kesehatan dan keperawatan, serta ilmu psikologi. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kontribusi data semua fakultas yang ada di UI. Salah satunya Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI juga memberikan kontribusi melalui pengumpulan data.

Atas hal-hal di atas dan untuk mengakui kontribusi terbaik dari semua fakultas yang ada lingkungan UI, maka diadakanlah UI International Data Rankings Awards yang diatur oleh Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI. Pada tahun ini tepatnya di Royal Tulip Hotel Resort Bogor 6 – 7 Maret 2023, dari total 17 fakultas, salah satunya Fasilkom UI meraih penghargaan tersebut untuk di dua kategori yaitu, Best Data (i.e. Fasilkom UI) dan Best Person in Charge (i.e. Dr. Panca Hadi Putra selaku dosen Fasilkom UI). 

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fasilkom UI yakni, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D mengatakan bahwa Fasilkom mendukung apa yang ingin dicapai oleh UI melalui THE WUR 2023. “Kami dari Fasilkom  berupaya memberikan yang terbaik demi peningkatan reputasi akademik UI di tingkat internasional dalam kategori broad subject, baik dari segi pendidikan, penelitian, transfer pengetahuan, dan international outlook,” ungkap Bapak Ari Saptawijaya.

THE WUR merupakan lembaga pengukuran peringkat perguruan tinggi dan bagian dari majalah Times dan secara berkala membuat laporan khusus terhadap isu-isu yang berkaitan dengan dunia pendidikan tinggi, sehingga dikenal sebagai salah satu rujukan untuk penerbitan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang diterbitkan tiap tahunnya.