Fasilkom UI Umumkan Pemenang Mahasiswa Berprestasi 2023

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Umumkan Pemenang Mahasiswa Berprestasi 2023

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) mengumumkan delapan Mahasiswa Berprestasi (Maprest) pada 28 Maret 2023 di Gedung Lama, Kampus UI Depok. Mahasiswa jurusan sistem informasi angkatan 2020, Jasmine Ainal Muthia keluar sebagai pemenang Mapres utama Fasilkom UI. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap mahasiswa Fasilkom UI yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

Sebelumnya, pemilihan mahasiswa berprestasi dilakukan selama rentang bulan Februari hingga Maret 2023. Terdapat tiga komponen penilaian, yang pertama adalah penilaian capaian unggulan yang telah diperoleh selama masa studi para kandidat. Kedua, penilaian gagasan kreatif yang terdiri atas penilaian tulisan dan presentasi gagasan tersebut di depan para juri dan audience umum. Penilaian yang ketiga merupakan penilaian kemampuan bahasa Inggris, yang terdiri atas kemampuan menulis dan berbicara. 

Kegiatan Mapres tahun ini juga banyak bermunculan wajah-wajah baru khususnya di jurusan Ilmu Komputer angkatan 2021. Kegiatan Mapres juga menjadi tugas Fakultas dengan tujuan menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani luhur serta mampu menerapkan, mengembangkan, memperkaya dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi. Melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler di kampus, mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, namun juga unsur hard skill dan soft skill yang mereka miliki nantinya harus bersinergi dalam penerepan ilmu di dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara pengumuman Mapres 2023 tersebut juga dihadiri oleh Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc.; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D.; Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer yaitu Bapak Harry Budi Santoso, Ph.D.; Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Kelas Internasional, Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.; Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni, Dipta Tanaya, S.Kom., M.Kom., serta perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fasilkom UI. Sekadar informasi, Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D.; Dr. Yugo Kartono Isal; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti; Dr. Putu Wuri Handayani; Bapak Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D.; dan Iis Afriyanti, S.Kom., M.Sc. juga bertindak sebagai juri dalam pemilihan Mapres Fasilkom UI 2023.  

Berikut daftar pemenang ajang pemilihan Mapres Fasilkom UI 2023

Pemenang Mapres Utama:

Juara 1: Jasmine Ainal Muthia (Sistem Informasi, 2020)

Juara 2: Nandhita Zefania Maharani (Sistem Informasi, 2020)

Juara 3: Bryan Tjandra (Ilmu Komputer, 2021)

Juara Harapan 1: Ardhani Dzaky Ralfiano (Ilmu Komputer, 2020)

Juara Harapan 2: Gregorius Bhisma (Ilmu Komputer, 2020)

Mahasiswa Berprestasi Kategori:

Kategori Seni Budaya: Kaylee Rudaina Danisha (Ilmu Komputer, 2021)

Kategori Olahraga: Abby Marvel Immanuel Parasian Pribadi (Sistem Informasi, 2021)

Kategori Sosial: Alya Azhar Agharid (Ilmu Komputer, 2020)

Nantinya, mahasiswa yang terpilih sebagai Mapres utama maupun Mapres kategori di tingkat fakultas akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan penghargaan lainnya. Adapun Mapres utama, Jasmine Ainal Muthia, berhak untuk menjadi delegasi fakultas di ajang pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat UI.