Fasilkom UI Perkuat Kerjasama Program Double Degree Magister Teknologi Informasi dan Master Information System Universitas Melbourne

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Perkuat Kerjasama Program Double Degree Magister Teknologi Informasi dan Master Information System Universitas Melbourne

Universitas Melbourne dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) perpanjang kerjasama program Double Degree (DD) untuk jenjang program Magister Teknologi Informasi (MTI) UI dan Master of Information System (MIS) Universitas Melbourne. Kunjungan Universitas Melbourne melalui Prof. Shanton Chang ke Fasilkom UI sebagai acara perkenalan kembali serta ramah-tamah selepas telah disepakatinya perjanjian program DD dari keduanya terhitung Juni 2022. Hal tersebut juga diikuti dengan agenda acara Prof. Shanton yang memberikan kuliah umum secara daring sebagai guest lecture.

Prof. Shanton Chang merupakan seorang professor bidang Sistem Informasi di School of Computing and Information Systems, Universitas Melbourne. Selain itu ia juga menjabat sebagai Wakil Dekan (internasional) di Fakultas Teknik dan Sistem Informasi Universitas Melbourne. Kunjungan Prof. Shanton Chang ke Fasilkom UI juga didampingi oleh Diana Rincon Blanco (Student Recruitment Universitas Melbourne) dan Mery Chrisyanti (Country Officer Indonesia – Universitas Melbourne). Dalam pertemuan tersebut membahas terkait soal kurikulum serta menjajaki program kolaborasi lain pada jenjang sarjana. Agenda tersebut juga dihadirioleh sejumlah manajemen Fasilkom UI yakni, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D; Koordinator Program Studi Magister Teknologi Informasi, Ibu Betty Purwandari, Ph.D; serta Dr. Eng. Laksimita Rahadianti.

Manajer Kerjasama Pendidikan dan Riset Fasilkom UI, Dr. Eng. Laksmita Rahadianti mengungkapkan jika program DD terbuka bagi mahasiswa MTI UI yang berminat melanjutkan studi untuk meraih gelar gandanya ke MIS Universitas Melbourne. “Double degree ini terbuka bagi mahasiswa MTI untuk melaksanakan studi selama satu tahun di MTI UI dan satu tahun di MIS Universitas Melbourne. Program MIS yang dapat diikuti yaitu program professional specialization ataupun research specialization, mahasiswa yang sukses menyelesaikan program tersebut akan memperoleh gelar ganda yaitu, MTI dari UI dan MIS dari Universitas Melbourne,” ungkapnya.

Para peserta daring via aplikasi Zoom Guest Lecture, Prof. Shanton Chang untuk Mahasiswa MTI, Kamis, 08/09/2022

Terkait bidang kepakarannya, Prof. Shanton juga menyampaikan beberapa informasi mengenai bidang Sistem Informasi pada sesi guest lecture secara online melalui aplikasi Zoom bagi mahasiswa MTI UI, dengan topik pembahasan ‘Strategic Thinking: Factors that Impact Business-IT Alignment’. Pada sesi tersebut mahasiswa berdiskusi terkait potensi masalah yang terjadi dalam berbagai jenis organisasi terkait Business-IT Alignment. Tujuan sesi tersebut dilakukan guna menjadi acuan bagi para mahasiswa MTI UI sebelum mengambil atau memulai program DD.

This page is also available in: English