Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Achievements > Mahasiswa Fasilkom UI Raih Medali Emas dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Tingkat Nasional Tahun 2022

Kontingen mahasiswa Universitas Indonesia (UI) sukses mendulang gelar juara utama serta membawa pulang raihan 13 medali dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) pada 19-23 September 2022 di Universitas Brawijaya, Malang. Salah satu perwakilan kontingen UI yakni Azzam Labib Hakim, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI angkatan 2020 sukses meraih emas untuk kategori bidang matematika.

Ia mengungkapkan jika kecintaannya pada matematika tidak hilang meski kini sedang berkuliah di Fasilkom UI. “Matematika itu kan sebagai pondasi atau logika untuk pemograman, paling berpengaruh sekali jika digunakan dalam ranah kecerdasaan artifisial juga data science, karena keduanya berkaitan erat. Hal ini tentu memerlukan analisis matematika yang cukup kuat, saya harap dengan adanya prestasi ini semakin memacu saya dan juga memperkuat kemampuan analisis saya agar bisa digunakan untuk melanjutkan studi saya pada jenjang berikutnya khususnya di bidang data science,” kata Azzam saat memberikan keterangan kepada Humas Fasilkom UI.

Sebelumnya ia beserta tim kontingen lainnya telah menjalani kegiatan seleksi ONMIPA-PT tingkat UI. Seleksi tersebut dilakukan secara online dengan melibatkan 100 peserta lintas fakultas. Para kontingen terpilih juga dibimbing oleh dosen internal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesa (FMIPA UI) guna memberi pelatihan untuk ON-MIPA 2022. Para dosen yang terlibat dalam pelatihan yakni, Dr. Adam Badra Cahaya (Fisika); Dr. Iman Abdullah (Kimia); Arman Haqqi Anna Zili M.Si (Matematika); dan Dr. Retno Lestari, M.Si. (Biologi).

Kemendikbudristek RI melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia telah melaksanakan seleksi tingkat wilayah ONMIPA PT tahun 2022 pada 28-29 Juli 2022 secara daring. Terkumpul sebanyak 20 perguruan tinggi dari 14 wilayah se-Indonesia lolos seleksi untuk mengikuti ajang ONMIPA PT 2022. 18 mahasiswa kontingen UI yang mengikuti ONMIPA PT 2022 antara lain, bidang matematika, Azzam Labib Hakim (Fasilkom UI, Prodi Ilmu Komputer); Jerry (FMIPA, Prodi Ilmu Aktuaria); Agustinus Bravy Tetuko Ompusunggu (FMIPA, Prodi Matematika); Shiqo Filla (FMIPA, Prodi Matematika). Bidang fisika, Anin Nabail Azhiim (FMIPA, Prodi Fisika); Faris Ramadhantyo Darmawan (FMIPA, Prodi Fisika); Jovan Alfian Djaja (FMIPA, Prodi Fisika); Jesaya Christian Ido Raja Situmeang (FMIPA, Prodi Fisika); Alfian Gunawan (FMIPA, Prodi Fisika). Di bidang kimia, Muhammad Habiburohman (FMIPA, Prodi Kimia); Chaulah Achyar (FMIPA, Prodi Kimia); Natanael Tama Hasaya (FMIPA, Prodi Kimia); Jonathan Evan (FMIPA, Prodi Kimia). Sedangkan di bidang biologi, Rendi Saputra (FIK, Prodi Ilmu Keperawatan); Clara Riski Amanda (FMIPA, Biologi); Rico Laurence (FMIPA, Biologi); Muhammad Irfan Afifudin (FMIPA, Biologi) dan Hanif Al Husaini (FMIP, Biologi).

Baca juga: Surat keputusan pemenang ONMIPA PT tingkat nasional tahun 2022 dapat diakses di laman Pusat Prestasi Nasional.