Fakultas Ilmu Komputer UI Gelar Dua Konferensi Internasional ICACSIS & IWBIS, Hadirkan Ilmuwan dan Pemakalah dari 19 Negara

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fakultas Ilmu Komputer UI Gelar Dua Konferensi Internasional ICACSIS & IWBIS, Hadirkan Ilmuwan dan Pemakalah dari 19 Negara

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan dua konferensi tingkat internasional di bidang ilmu komputer, sistem informasi, big data, dan keamanan informasi yaitu, The 14th  Internasional Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) dan the 7th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS). Dua acara ini berlangsung pada tanggal 1-3 Oktober 2022 secara hybrid — kegiatan luring bertempat di Gedung Baru Fasilkom UI, Depok, Jawa Barat sementara kegiatan daring dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Webinar.

Sebagai konferensi bertaraf internasional, ICACSIS dan IWBIS menjadi wadah bagi peserta dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan dalam bidang ilmu komputer, sistem informasi, big data, dan keamanan informasi. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D dan turut dihadiri oleh jajaran pimpinan Fasilkom UI serta para General Chairs dan Program Chairs dari kedua konferensi, di antaranya Dr. Petrus Mursanto, Prof. Heru Suhartanto, Prof. Wisnu Jatmiko, Dr. Yugo K. Isal, Dr. Adila Krisnadhi, dan Dr. Panca Hadi Putra.

Dalam sambutannya, Rektor Ari menyampaikan, “UI memiliki fokus yang kuat dalam hal penelitian dan pengembangan ilmu serta berusaha menjadi perguruan tinggi negeri yang unggul. Fasilkom UI merupakan salah satu bagian terpenting dari UI sebagai pioneer dalam riset di bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Memasuki perkembangan industri revolusi  4.0, ilmu komputer serta teknologi informasi menjadi hal yang sangat critical. Dengan konferensi ini, kami berharap terjalin kolaborasi dan komunikasi yang baik dari para pakar dan para peneliti secara akademik, demi perkembangan riset teknologi berkelanjutan”. 

Prof. Ari Kuncoro, Ph.D. menyampaikan sambutan dalam acara ICACSIS dan IWBIS 2022 (Sabtu, 1/10/2022)

ICACSIS dan IWBIS menghadirkan ilmuwan dan peneliti terbaik dunia pada sesi plenary speech seperti, Prof. Rajkumar Buyya, ilmuwan dengan h-index 155 dari The University of Melbourne yang meneliti cloud computing dan distributed systems; Prof. Jeremy Blackburn dari Binghamton Universty, Amerika Serikat yang merupakan salah satu ahli sains data besar yang meneliti fenomena harmful online behavior; dan Prof. Maria Valdes Hernandez, lecturer dalam bidang medical image analysis dari Centre for Clinical Brain Sciences, The University of Edinburgh, Britania Raya. 

Selain itu, pada sesi keynote ICACSIS dan IWBIS juga menghadirkan para pembicara lainnya, yaitu Dr. Mahardhika Pratama dari University of South Australia; Dr. Wahyu Caesarendra dari Universiti Brunei Darussalam; Dr. Adhiguna Mahendra dari Indonesia AI Society; Mayen TNI Dr. Jonni Mahroza dan Marsma TNI Dr. Rudy Gulton dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI). 

Pada konferensi tahun ini, ICACSIS dan IWBIS berhasil mengumpulkan ratusan makalah penelitian (research papers) yang berasal dari peneliti berbagai negara dan diseleksi dalam proses review oleh para pakar di bidangnya. Berdasarkan hasil review, terdapat 64 makalah yang diterima dan telah dipaparkan pada sesi presentasi paralel.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 peserta dari sedikitnya 19 negara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok, Sri Lanka, India, Pakistan, Arab Saudi, Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Islandia, Britania Raya, Libya, Nigeria, Turki, Taiwan, Brunei Darussalam, dan Australia.  Semenjak pertama kali diselenggarakan, semua makalah ilmiah yang dipaparkan pada ICACSIS dan IWBIS  sudah diterbitkan dalam prosiding yang terindeks oleh pangkalan data internasional Scopus. Pada penyelenggaran tahun ini, ICACSIS dan IWBIS didukung oleh Unhan RI (mitra host), dan IEEE Indonesia Section (technical co-sponsor).

Sebagai bagian dari rangkaian acara, Fasilkom UI juga mengadakan sesi workshop di bidang kecerdasan artifisial/artificial intelligence dengan memberikan pengenalan teori dan penerapan deep learningWorkshop ini dibawakan langsung oleh tim dari UI di antaranya Prof. Wisnu Jatmiko dan Dr. Febrian Rachmadi. Khusus untuk sesi plenary dan keynote, tayangan ulangnya dapat diikuti secara daring melalui kanal YouTube Fasilkom UI (https://www.youtube.com/c/FasilkomUIOfficial).