Mahasiswa Fasilkom UI Kembangkan Media Sosial “PANSOS” Bagi Mahasiswa Baru

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa Fasilkom UI Kembangkan Media Sosial “PANSOS” Bagi Mahasiswa Baru

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), mengembangkan aplikasi Panda Social Support (PANSOS) untuk wadah perkenalan antara mahasiswa baru dan juga kakak tingkat dalam rangka Pembinaan Mahasiswa Baru Fasilkom UI 2021. Aplikasi berbasis web ini dikembangkan oleh mahasiswa yang terkumpul pada organisasi Independen mahasiswa Fasilkom Ui yang bernama Ristek.

PANSOS dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial dan model machine learning.Sehingga para pengguna dapat terhubung satu sama lain melalui matchmaking system berdasarkan minat yang ada di Fasilkom UI. Nantinya mahasiswa baru (maba) dapat mengisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk membantu perkenalan antar maba serta mengisi deskripsi dari kakak tingkat yang ingin mereka ajak berkenalan

“Aplikasi ini mampu mencocokkan pengguna yang memiliki minat yang sama dan menjadi sentra informasi serta media penugasan Mahasiswa Baru selama kegiatan PMB Fasilkom UI 2021”, jelas Jonathan Filbert, ketua Ristek Fasilkom UI.

Ketua PMB Fasilkom UI 2021, Muhammad Naufal Nabiel, menambahkan, “Aplikasi PANSOS ini merupakan wadah perkenalan antara mahasiswa baru dan juga kakak tingkat. Selain itu,  PANSOS dapat juga digunakan oleh pengguna yang memiliki SSO aktif dan masih terdaftar sebagai mahasiswa Fasilkom UI.”

Dengan dikembangkannya aplikasi ini menjadi sebuah solusi bagi mahasiswa baru Fasilkom UI untuk dapat memperluas jaringan pertemanan mereka meskipun saat ini masih dalam masa perkuliahan jarak jauh. Di mana pada kondisi ini, mereka belum memiliki kesempatan untuk berkenalan dan bertemu secara langsung dengan teman maupun kakak tingkat di Fasilkom UI.