Fasilkom UI Tawarkan Perkuliahan Online Bagi Masyarakat Melalui MOOC

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Tawarkan Perkuliahan Online Bagi Masyarakat Melalui MOOC

Pada semester gasal 2021/2022, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menawarkan 16 mata kuliah massive open online course (MOOC)  bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang tersedia untuk peserta pendidikan perguruan tinggi pada jenjang Sarjana dan Magister. Setiap matakuliah yang ditawarkan terdiri dari tiga maupun empat satuan kredit semester (SKS). Setiap peserta yang terdaftar akan dapat mengakses materi pembelajaran secara daring yang dikelola oleh masing-masing dosen pengampu. Selanjutnya, peserta akan dievaluasi di akhir semester yang nantinya mereka akan diberi nilai. Untuk peserta yang mengambil matakuliah yang bersistem credit earning, nilai akan diberikan dalam bentuk transkrip nilai yang dikeluarkan secara resmi oleh UI.

Mata kuliah Kecerdasan Artifisial dan Sains Data merupakan topik popular yang ditawarkan bersama dengan beberapa mata kuliah lainnya. Mata kuliah Kecerdasan Artifisial dan Sains Data Dasar mengajarkan peserta untuk mengembangkan suatu sistem dengan kercerdasan yang didemonstrasikan oleh mesin, ketimbang oleh manusia. Dalam konteks ini, peserta juga diajak untuk mempelajari peran dari sains data dalam proses pengembangan sistem. 

Perkuliahan dilaksanakan secara daring dengan metode asinkronous. Materi perkuliahan dapat disimak melalui rekaman video dan membaca bahan perkuliahan yang dibagikan secara daring. Jika ada pertanyaan maupun diskusi mahasiswa dapat menghubungi dosen yang bersangkutan via email atau forum diskusi pada platform pembelajaran yang disediakan UI.

Mata kuliah diajarkan langsung oleh dosen ahli di bidangnya masing-masing, di antaranya adalah Prof. Aniati Murni; Prof. Dr.Eng. Wisnu Jatmiko; Prof. Heru Suhartanto, Ph.D.; Betty Purwandari, Ph.D.; Dr. Indra Budi; Dr. Ade Azurat; Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D.; Dr. Panca Hadi Putra; Dr.Eng. Laksmita Rahadianti; Bayu Anggorojati, Ph.D.; Fariz Darari, Ph.D.; Ari Wibisono, M.Kom.; Ave A. Pinem, M.Kom.; Widia Resti Fitriani, M.Kom.;  dan Grafika Jati, M.Kom.

Dr. Petrus Mursanto, Pejabat Dekan Fasilkom UI, menyampaikan, “Program MOOC ini memberikan kesempatan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk memperoleh kualitas pendidikan yang sama layaknya mahasiswa UI. Akses pembelajaran sangat fleksibel bersifat self-paced learning sehingga dapat diakses secara online tanpa terbatas jarak maupun waktu.”

Mata Kuliah MOOC merupakan sarana efektif untuk berbagi ilmu sehingga pengajaran yang dilakukan di Fasilkom UI juga bisa diakses masyarakat luas di luar lingkungan fakultas. Semoga dengan adanya MOOC ini, Fasilkom UI mampu menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Daftar lengkap matakuliah yang ditawarkan Fasilkom UI dapat diakses melalui halaman web berikut: https://cs.ui.ac.id/mooc/.