CompFest 9 – Pagelaran Bidang TIK Tingkat Nasional

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > CompFest 9 – Pagelaran Bidang TIK Tingkat Nasional

CompFest 9

Pagelaran Bidang TIK Tingkat Nasional

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan pagelaran di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu CompFest 9 pada tanggal 30 September – 1 Oktober 2017 di Balai Sudirman, Jakarta. Tema yang diusung dalam CompFest 9 adalah Catalyzing Indonesia’s People Development towards Digital Society. Tahun ini merupakan tahun ke-9 sejak CompFest diselenggarakan pertama kali pada tahun 2009. Opening ceremony CompFest 9 akan dibuka oleh Mirna Adriani, Ph.D. (Dekan Fasilkom UI) dan Mohammad Izzat Raihan (Project Officer CompFest 9).

Turut menghadirkan keynote speakers CompFest 9 antara lain Rudiantara, S.Stat., MBA (Menteri Komunikasi dan Informatika RI), Eni V. Panggabean (Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Pengawasan Sistem Pembayaran, BI), Aviliani (Ekonom INDEF), Karim Siregar (Chief Information Officer, BTPN), M. Ajisatria Suleiman (Ketua Asosiasi FinTech Indonesia), Hendrikus Passagi (Peneliti Eksekutif Senior, OJK), Maulana Malik Ibrahim (GO-PAY Operations Manager, GO-JEK), Senja Lazuardy (IT Director, AR&Co), Gildas Deograt Lumy (Founder and Coordinator Information Security Professional Network), Sadar Baskoro (Head of Business Intelligence Kudo), Adi Tedjasaputra (Director and Co-Founder of UX Indonesia), Dayu Dara Permata (Head of GO-LIFE, GO-JEK), Trevor Osborn (Accenture Technology Managing Director), Lahandi Baskoro (Director Trilogi Business Incubator), Didi Diarsa (Founder KAYUH), dan Omega Tamboen (Chief Operation Officer of Mamo Rae).

Rangkaian acara CompFest 9 secara keseluruhan terdiri dari Academy, Competition, Playground, Seminar, dan Entertainment. Beberapa rangkaian telah dimulai sejak bulan Juli 2017. Academy diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan potensi-potensi TIK di Indonesia dengan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, memperluas koneksi, serta belajar dari pengalaman para praktisi dan narasumber. Beberapa topik yang diusung dalam kegiatan academy yaitu Data Science, Internet Of Things, dan Start up. Dalam kesempatan ini para peserta dilatih secara individu dan berkelompok dalam beberapa hari berdasarkan topik yang diminati. Competition bertujuan untuk mengembangkan tingkat kompetensi dan kompetisi di masyarakat Indonesia dalam bidang TIK. Dalam rangkaian ini peserta dilibatkan secara tidak langsung untuk berkolaborasi dengan puluhan lembaga dan perusahaan di bidang TIK. Adapun kompetisi yang diselenggarakan antara lain App Innovation Challenge, Business IT Case, Competitive Programming Contest, Capture The Flag, dan Indie Game Ignite. Playground juga turut meramaikan rangkaian acara yaitu pameran teknologi informasi dengan konsep gamifikasi. Rangkaian ini melibatkan berbagai pelaku teknologi informasi mulai dari Start up, komunitas IT, game developer, hingga industri di bidang TIK.

Rangkaian Seminar menghadirkan para keynote speakers dengan topik terkini di bidang TIK yaitu mengenai Digital Banking, Financial Technology (FinTech), Information Security, Machine Learning, Big Data, Intelligence Virtual Agent, dan Social Innovation. Sebagai puncak acara CompFest 9, sesi Entertainment menghadirkan Guest Star Maliq & D’Essentials. Kegiatan CompFest 9 ini didukung oleh Traveloka, Accenture, Go-Jek, Bank BTPN, Kudo, Bukalapak, Indigo, MyRepublic, Logitech, HIGO, Yuzu, Nescafe, dan Mapan. CompFest 9 diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peminat dan pengembang TIK untuk dapat berinteraksi, berbagi pengetahuan dan pengalaman guna memajukan kompetensi TIK dan ekosistem digital di Indonesia.

Contact person:

Humas Fasilkom UI

humasfasilkom@cs.ui.ac.id