Seminar Reboan: Optimalisasi Riset dan Keterlibatan Mahasiswa Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar Reboan: Optimalisasi Riset dan Keterlibatan Mahasiswa Fasilkom UI

8 SeminarWJ-CS

Hasil karya ilmiah dan penelitian di berbagai bidang di Indonesia telah banyak mendapatkan dukungan baik dari perguruan tinggi maupun pemerintahan. Dukungan yang diberikan antara lain keterbukaan data dan informasi serta pendanaan untuk kepentingan penelitian. Namun hal ini tidak seiring dengan dukungan adanya tenaga kerja untuk peneliti. Oleh karena itu, Dr. Wisnu Jatmiko (Pengajar dan Manajer Riset Fasilkom UI) menyelenggarakan Seminar Reboan dengan membahas tema “Optimalisasi Riset dan Keterlibatan Mahasiswa Fasilkom UI”.

Dalam presentasinya yang dilaksanakan pada 16 Maret 2016, Dr. Wisnu memberikan pemahaman kepada peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa pascasarjana (MIK dan MTI) Fasilkom UI mengenai kebutuhan tenaga kerja bagi seorang peneliti dan manfaatnya bagi mahasiswa. Secara umum, suatu penelitian akan cepat selesai apabila melibatkan tenaga kerja ahli dan profesional dalam pengerjaannya. Namun diakui oleh Dr. Wisnu bahwa melibatkan mahasiswa memungkinkan besar dapat melahirkan generasi baru yang juga berminat di bidang penelitian. Selain itu, terdapat potensi dan manfaat lain dalam melibatkan mahasiswa sebagai peneliti misalnya mendapatkan informasi terkini lebih cepat, sudut pandang baru, semangat muda, dan hal positif lainnya. Keterlibatan mahasiswa ini juga harus diiringi dengan persyaratan-persyaratan tertentu sehingga tetap dapat memenuhi target yang dibutuhkan bagi peneliti.

Adapun manfaat yang dapat diterima oleh mahasiswa apabila mereka terlibat dalam penelitian di Fasilkom UI adalah publikasi jurnal/karya ilmiah. Publikasi jurnal/karya ilmiah ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya dan mencari beasiswa, namun juga bagi mahasiswa yang ingin bekerja di suatu perusahaan/institusi. Di Fasilkom UI sendiri, publikasi jurnal yang dilakukan mahasiswa telah mendapatkan ruangnya tersendiri misalnya melalui jurnal nasional (JIKI/JSI) atapun jurnal internasional (ICACSIS –terindeks pada SCOPUS dan IEEE).

Selain itu, Dr. Wisnu juga memberikan informasi terkini mengenai research laboratories Fasilkom UI. Per tahun 2016, terdapat perubahan pada nama dan jumlah lab riset Fasilkom UI yang awalnya terdapat 8 lab di bawah naungan Fasilkom UI berubah menjadi 7 lab, yaitu

  • Network Architecture and High Performance Computing,
  • Information Retrieval Lab, Digital Library And Distance Learning,
  • Reliable Software Engineering,
  • E-Government And E-Business,
  • Information Management,
  • Machine Learning and Computer Vision.

Melalui seminar ini diharapkan dapat menarik minat dan perhatian mahasiswa Fasilkom UI untuk terlibat dalam penelitian yang dilakukan oleh beberapa pengajar dan peneliti di Fasilkom UI. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah baik di Fasilkom UI maupun di Indonesia. (IP)

Leave a Reply