Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Imam Marzuki Shofi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Imam Marzuki Shofi

Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Imam Marzuki Shofi pada hari Senin, 6 Juli 2015. Bertempat di AULA Fasilkom UI, sidang promosi dilaksanakan dengan judul disertasi “Metode Analisa Pra-syarat Perangkat Lunak Berorientasi Sasaran Berdasarkan Dokumen Regulasi”.

Pra-syarat (requirements) merupakan bagian yang sangat kritis dalam menentukan keberhasilan/kegagalan suatu sistem perangkat lunak. Penelitian ini mengusulkan metode Goal Oriented Requirements Engineering (GORE) untuk menentukan sasaran/pra-syarat berdasarkan dokumen regulasi. Metode yang dihasilkan, terdiri atas: metode SAR (Select Appropriate Regulation) untuk menentukan dokumen regulasi yang menjadi landasan bagi aplikasi kepemerintahan tertentu; metode R2G (Regulations to Goal Model) untuk menyusun sasaran berdasarkan dokumen regulasi yang telah ditentukan; dan metode GCC (Goal Consistencies Checking) untuk mengecek konsistensi antar sasaran. Dari penelitiaan ini menyatakan bahwa metode yang dihasilkan dapat digunakan untuk menentukan sasaran/pra-syarat perangkat lunak.

Sidang promosi dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D (Dekan Fasilkom UI). Dengan Prof. Heru Suhartanto, Ph.D. sebagai Promotor dan Dr. Eko K. Budiardjo sebagai Ko-promotor. Dalam sidang turut menghadirkan penguji yaitu Prof. Dr. R. Eko Indrajit, Dana Indra Sensuse, Ph.D., Dr. Indra Budi, Hisar Maruli Manurung, Ph.D., dan Dr. A. Nizar Hidayanto. Disertasi mendapatkan nilai Sangat Memuaskan dan gelar Doktor Ilmu Komputer pun diberikan kepada Dr. Imam Marzuki Shofi sebagai lulusan ke-47 dari Program Doktor Fasilkom UI. (ip)

Leave a Reply