Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Sofian Lusa

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Sofian Lusa

Senin, 6 Juli 2015, Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sofian Lusa. Sidang promosi dilaksanakan di ruang AULA Fasilkom UI dengan judul disertasi “Social Technical Model Penerapan Knowledge Sharing di Komunitas Digital Perusahaan”.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegagalan dalam penerapan knowledge management, khususnya praktik knowledge sharing di dalam komunitas perusahaan. Hal itu disebabkan oleh rendahnya partisipasi dalam kegiatan sharing serta masih sedikitnya studi tentang penggabungan aspek social technical. Dalam penelitian ini, peneliti menitikberatkan kepada perancangan model untuk knowledge sharing.

Dengan menggunakan metodologi inductive hypothetical model, peneliti menentukan faktor-faktor yang menjadi kondisi awal, tantangan, dan ekspektasi dalam penerapan knowledge management di dalam komunitas perusahaan milik negara dan swasta. Hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menyusun kerangka teori yang mengacu pada kajian literatur tentang knowledge management, knowledge sharing, social technical. Penyusunan model social technical dirancang dan diuji dengan pendekatan SEM (Structural Equation Modeling) dan menggunakan Smart Partial Least Squares (PLS) sebagai alat penguji. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan penerapan knowledge sharing di dalam komunitas tergantung pada faktor image motive, advancement of virtual community, moral obligation, dan learning motive. Lingkungan sosial yang menciptakan motivasi yaitu social identity, personal identity, dan trust. Sedangkan lingkungan teknis hanya sebagai collaborative platform.

Sidang promosi diketuai oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D. Dengan Prof. Dr. Aniati Murni sebagai Promotor dan Ko-promotor, Dana Indra Sensuse, Ph.D. Turut menghadirkan penguji  yaitu, Prof. Dr. Eko Indrajit, Hisar Maruli Manurung, Ph.D, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D, Dr. A. Nizar Hidayanto dan Dr. Indra Budi. Hasil disertasi dipresentasikan dengan baik dan mendapatkan nilai Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-46, gelar Doktor Ilmu Komputer disematkan kepada Dr. Sofian Lusa. (ip)

Leave a Reply