Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Santi Indarjani

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Santi Indarjani

Pada tanggal 26 Juni 2015, Fasilkom UI menggelar sidang terbuka untuk penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer kepada Santi Indarjani. Sidang tersebut diadakan di Ruang 1213 Gedung A Fasilkom UI. Disertasi yang dipresentasikan berjudul Efek Serangan Penyisipan dan Modifikasi pada Pseudorandom Number Generator Berdasarkan Studi Empiris dan Teoritis.

Peneliti melihat bahwa pada era digital ini, informasi digital terkoneksi secara global dan terbuka lewat internet. Hal ini mempengaruhi pola “serangan” terhadap informasi. Walaupun sasaran serangan tetap sama, yaitu informasi, namun teknik dan kekuatan penyerangan semakin meningkat dan variatif. Serangan pun bisa dilancarkan dari internal atau eksternal, baik secara aktif maupun pasif.

Berdasarkan latar belakang ini, Santi mengajukan sebuah skenario serangan penyisipan dan modifikasi pada barisan luar Pseudo Random Number Generator (PRNG), atau pembangkit bilangan pseudo acak. PRNG adalah sebuah algoritma untuk menghasilkan sederetan nomor acak, namun tetap memiliki sejumlah kecil variabel penentu keacakan. Serangan penyisipan dan modifikasi dilakukan terhadap beberapa algoritma PRNG standar. Selain mengajukan skenario penyerangan terhadap PRNG, Santi juga berusaha mengukur efek serangan tersebut terhadap barisan luaran PRNG melalui studi empiris dan pendekatan teoritis, dimana efek serangan diukur berdasarkan uji keacakan, uji jarak statistik, dan uji selisih entropy. Dari studi ini juga dapat diketahui ketahanan (immunity) algoritma PRNG yang telah diuji oleh serangan tersebut.

Sidang disertasi ini dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D., sedangkan promotor dan ko-promotor yang bertindak adalah Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D. dan Dr. Kiki Ariyanti Sugeng. Tim penguji untuk sidang ini adalah Prof. Heru Suhartanto, Ph.D., Dr. Ravi Ahmad Salim, Lim Yohanes Stefanus, Ph.D., Dr. Ade Azurat, dan Dr. Eko Kuswardono Budiardjo. Disertasi ini mendapat yudisium Sangat Memuaskan, dan gelar Doktor Ilmu Komputer pun secara resmi dianugerahkan pada Dr. Santi Indarjani sebagai lulusan program Doktor Fasilkom UI ke-44. (SA)

Leave a Reply