Seminar: Developing a Model Driven Approach for engineering applications based on mOSAIC

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar: Developing a Model Driven Approach for engineering applications based on mOSAIC

Seminar pada tanggal 10 September 2013 menghadirkan pembicara yaitu Vlado Stankovski, Assistant Professor dari Computer Science di the University of Ljubljana, Slovenia. Seminar diselenggarakan di Ruang Rapat Besar gedung A lantai 2 Fasilkom UI pada pukul 13.00 WIB. Topik yang diusung oleh pembicara adalah Developinga Model Driven Approach for engineering applications based on mOSAIC. Seminar yang dimoderatori oleh Bpk. Heru Suhartanto berjalan dengan baik dan peserta yang telah memenuhi ruangan seminar terlihat antusias dengan topik dan penjelasan dari Vlado Stankovski.

Saat ini di bidang ilmu pengetahuan dan teknik, terdapat banyak jenis layanan software yang dapat diakses melalui media web (online). Penyebaran layanan tersebut pada cloud bertujuan untuk mengurangi biaya operasional atau mendukung peningkatan pemakaian profil mereka. Untuk jangka panjang, algoritma yang digunakan dalam layanan tersebut akan digunakan kembali ketika mengembangkan aplikasi cloud yang baru. Model Driven Architecture (MDA) merupakan sebuah pendekatan dari desain software yang digunakan dalam pengembangan sistem software. MDA aslinya adalah seperangkat pedoman untuk penstrukturan spesifikasi, yang dinyatakan sebagai model. Model ini akan membantu dalam menangani kompleksitas aplikasi dan automisasi proses rekayasa perangkat lunak menggunakan open source Platform as a Service (PaaS). Pengembangan teknologi cloud baru-baru ini, seperti mOSAIC memudahkan proses dalam desain, pengembangan, penyebaran, pemantauan komponen, kontrol aplikasi life-cycle dan otomisasi scaling and scheduling. Platform software mOSAIC menyediakan properti utama seperti elastisitas, redudansi dan toleransi kesalahan. Dengan demikian mOSAIC akan membantu dalam pemilihan stuktur/model pengembangan aplikasi cloud.

Sebagai penutup seminar, Vlado sedikit berbagi cerita tentang program dan kesempatan untuk meneruskan PhD di Universitas Ljubljana. Dengan harapan ada mahasiswa Fasilkom UI yang berminat dan meneruskan pendidikan di Universitas Ljubljana serta dapat menjalin kerjasama dalam meraih prestasi di bidang pengembangan teknologi. (IP)

Leave a Reply