Seminar Reboan: Systems Research in Cloud Computing and CS PhD Opportunities in US

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar Reboan: Systems Research in Cloud Computing and CS PhD Opportunities in US

Rabu (11/9), Fasilkom UI menyelenggarakan seminar reboan perdana semester ganjil 2013/2014. Seminar reboan ini mengangkat tema Systems Research in Cloud Computing dengan pembicara Prof. Haryadi Gunawi. Beliau adalah Assistant Professor di Department of Computer Science, Chicago University. Dengan fokus riset mengenai reliability, availability, and elasticity of large-scale distributed storage and operating systems.

Seminar reboan yang dimoderatori oleh Penny Hutabarat dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dengan penjelasan tentang cloud computing dan big data, Haryadi meyakini bahwa peserta sudah banyak yang mengerti secara umum pengertian dari keduanya. “saya yakin bahwa kita semua sudah mengetahui pengertian dari cloud computing dan big data. Bahkan penjelasan terbaik mengenai keduanya dapat dengan mudah kita temukan pada search engine”, kata Haryadi siang itu dengan tersenyum ramah. Tanpa berlama-lama Haryadi langsung melanjutkan penjelasannya bahwa yang menarik adalah proses di dalamnya (cloud service) yaitu MapReduce, Cloning, dan Leverage Memory.

Dalam Big data akan terjadi proses democration of computing, yang dicontohkan dengan sebuah rumah kos-an yang dapat disewakan ke banyak pengguna. Dan dalam proses kerjanya, big data akan mengalami proses distributed system yang memanfaatkan cloud service. (1) MapReduce, yaitu tahap dimana sistem akan melakukan mapping pada sumber data untuk mempermudah dalam proses pemanggilan; (2) Cloning, merupakan proses penggandaan host bertujuan untuk mencegah adanya gangguan atau kegagalan dalam akses; (3) Leverage Memory, yaitu proses dimana data akan dilihat dan dibaca sepenuhnya untuk mempermudah penyimpanan/pengkategorian dalam memori. Haryadi mengatakan bahwa ketiga proses ini akan selalu berjalan sejak adanya data yang bekerja.

Setiap pengaksesan atau pelaku pada cloud seharusnya telah mempersiapkan Content Delivery Network (CDN). CDN akan berfungsi sebagai perantara semua akses data yang secara tidak langsung tidak harus ke big data. “Sebagai contohnya adalah proses view picture pada facebook. Cepat kan?! Itu karena mereka hanya menggunakan CDN” jelas Haryadi yang disambut dengan anggukan dari peserta seminar. Meskipun tema yang diusung oleh Haryadi termasuk tema yang umum, tapi Haryadi mengakui passion nya dalam bidang cloud dan berharap bahwa peserta yang hadir dapat memperoleh insight dan mengikuti perkembangan cloud computing yang begitu cepatnya. Sebagai penutup, Haryadi juga berbagi informasi yang sangat bermanfaat mengenai kesempatan untuk menempuh studi PhD di Amerika Serikat. (IP/PH)

Leave a Reply