Mahasiswa Fasilkom UI Raih Grand Prize Winner – Sanitation App Challenge 2013

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa Fasilkom UI Raih Grand Prize Winner – Sanitation App Challenge 2013

Satu lagi prestasi yang dibawa oleh Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), yaitu menjadi Grand Prize Winner Sanitation App Challenge 2013.

Sanitation App Challenge adalah kompetisi membuat aplikasi yang mengatasi masalah sanitasi di dunia. Diselenggarakan oleh World Bank, kompetisi ini dimulai dengan Sanitation Hackathon yaitu membuat aplikasi dalam 24 jam pada 1-2 Desember 2012 di 14 Kota di seluruh dunia termasuk di Jakarta, Indonesia. Kemudian diteruskan ke tahap Hackathome yaitu tahap pengembangan aplikasi hingga 22 Maret 2013. Dan berakhir pada 19 April 2013 untuk tahap pengumuman Grand Prize Winner dalam event Investment in Sanitation di Washington DC, Amerika Serikat.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim SunSquare Studio yaitu Dimas Ramadhani, Luqman Sungkar, Riza Herzego Nida Fathan, Irfan Nur Afif, dan Mohammad Agung Nugroho merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI. Setelah mendapatkan Juara 1 pada Sanitation Hackathon regional Jakarta, Indonesia. Tim SunSquare Studio melanjutkan perjuangan ke tahap Hackathome hingga mendapatkan Grand Prize Winner. Dan sebagai hadiahnya, Dimas dan Luqman mendapat kesempatan untuk mewakili Tim SunSquare Studio pada Award Ceremony di Washington DC dan tur ke Silicon Valley, San Francisco, Amerika Serikat.

Dalam kompetisi ini, tim SunSquare Studio membuat SunClean yaitu permainan yang mengajarkan anak-anak untuk membiasakan pola hidup bersih. SunClean terdiri dari 2 jenis permainan kecil, yaitu (1) Trash Disposal, permainan yang mengajarkan untuk memisahkan sampah organik dan anorganik; (2) Hand Wash for Kids, permainan yang mengajarkan mencuci tangan dengan benar.

Saat ini permainan hasil karya Tim SunSquare Studio yaitu SunClean sudah dapat dinikmati oleh masyarakat umum, via online. Untuk dapat memainkan permainan ini, pembaca dapat mengaksesnya pada www.sunsquarestudio.com/sunclean. (DR/IP)