Promosi Doktor Fasilkom UI 2013 – Dr. Arief Ramadhan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2013 – Dr. Arief Ramadhan

Pada tanggal 9 Juli 2013, sidang terbuka digelar dalam rangka penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer kepada Arief Ramadhan. Bertempat di Aula Fakultas Ilmu Komputer UI, beliau mempresentasikan disertasinya yang berjudul “e-Livestock in Indonesia: Definition, Success Factors and Models”.

Ide pembuatan disertasi ini berangkat dari perhatian Arief terhadap kebijakan Indonesia untuk mengimpor daging dalam jumlah yang besar serta kurang efektifnya program Swasembada Daging Sapi. Hal ini terjadi karena ketidakakuratan data yang dimiliki oleh pemerintah. Dalam disertasi ini, Arief mengusulkan sebuah konsep bernama e-Livestock untuk mengatasi masalah ketidakakuratan data ini.

Disertasi ini dilakukan berdasarkan Definition, Framework, Methodology, and Area of concern (DFMA) model of research. Ada lima langkah penelitian yang dilakukan di dalam disertasi ini. Pertama, definisi (D) dari e-Livestock diformulasikan. Kedua, definisi tersebut divalidasi dan diperbaiki dengan cara mewawancarai beberapa pakar dan stakeholder, dan hasil wawancara tersebut diinterpretasi menggunakan hermeneutika. Definisi yang sudah divalidasi kemudian digunakan pada langkah-langkah berikutnya. Ketiga, 36 faktor sukses untuk inisiatif e-Government disintesis menggunakan Meta-Ethnography. Semua faktor sukses tersebut kemudian digunakan di dalam langkah keempat untuk memformulasikan 62 faktor sukses yang spesifik untuk e-Livestock di Indonesia. Kemudian, 62 faktor sukses, multiview framework, dan soft system thinking digunakan sebagai framework (F) di dalam langkah berikutnya. Pada langkah kelima, metodologi (M) bernama Soft Systems Metodology (SSM) digunakan di dalam berbagai area (A) yang menjadi perhatian untuk menghasilkan model-model yang terkait dengan e-Livestock di Indonesia.

Sidang promosi ini diketuai oleh Prof. Dr. T. Basaruddin dengan dipromotori oleh Prof. Dr. Aniati Murni. Dr. Dana Indra Sensuse dan Prof. Dr. Muladno hadir sebagai ko-promotor. Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, Dr. Setiadi Yazid, Dr. Yudho Giri Sucahyo, Dr. Achmad Nizar Hidayanto, dan Dr. Indra Budi. Disertasi dipresentasikan dengan amat baik sehingga mendapatkan yudisium Cum Laude, yakni 3,96. Pada penutupan sidang, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan oleh Fasilkom kepada Dr. Arief Ramadhan. Hasil penelitian dalam disertasi tersebut diharapkan dapat membantu berbagai kebijakan pemerintah di sektor peternakan, salah satunya adalah program swasembada daging sapi.

Leave a Reply