Promosi Doktor Fasilkom UI 2013 – Dr. Elviawaty Muisa Zamzami

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2013 – Dr. Elviawaty Muisa Zamzami

Senin, 22 Juli 2013 Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer kepada Elviawaty Muisa Zamzami. Bertempat di Aula Fakultas Ilmu Komputer UI dengan disertasi berjudul “Metode Requirement Recovery dan Rekonstruksi Requirements dari Perangkat Lunak Jadi dengan Basis End-To-End Interaction”.

Requirements merupakan salah satu kunci sukses software engineering dan software reengineering. Untuk kepentingan rekayasa perangkat lunak dan pemeliharaan perangkat lunak, requirements dimuat dalam dokumen requirements. Namun masih sering terjadi ketidaksesuaian dokumen requirements karena adanya perubahan perangkat lunak yang tidak disertai dengan perubahan dokumen requirements. Keadaan ini menyebabkan diperlukannya usaha untuk memperoleh kembali requirements (requirements recovery) dari perangkat lunak. Pentingnya peran requirements menjadikan requirements recovery sebagai riset penting dalam area reverse engineering. Berangkat dari hal ini, Elviawari M. Zamzami melakukan riset di area riset requirements recovery.

Pada riset ini diusulkan metode untuk memperoleh kembali requirements (requirements recovery) dengan berbasis pada End-to-End (E-E) Interaction antara pengguna dan perangkat lunak, serta merekonstruksi requirements tersebut (requirements reconstruction) menjadi model ontologi sebagai dokumen requirements. Metode diusulkan tersebut diberi nama metode R3 (Requirements Recovery and Reconstruction). Dalam metode R3 menggunakan (1) Model ontologi WIMP-UI (Window icon menu Pointer – User Interface) yaitu memodelkan antarmuka windowing perangkat lunak; (2) Model ontologi USI (User Software Interaction) yaitu memodelkan interaksi antara pengguna dan perangkat lunak; dan (3) Model ontologi R2UC (Requirements Representation with Use Case) yaitu mendokumentasikan requirements dari perangkat lunak jadi. Dan pada metode R3 tersebut dilakukan penggabungan model ontologi WIMP-UI dan USI untuk menangkap makna pada kehadiran E-E interaction.

Dalam sidang promosi ini diketuai oleh Dr. Mirna Adriani. Prof. Dr. Heru Suhartanto sebagai Promotor dan Dr. Eko K. Budiardjo sebagai Ko-promotor. Kemudian turut menghadirkan tim penguji yaitu Dr. Oerip Santoso, Dr. Petrus Mursanto, Dr. Ade Azurat, Dr. Hisar Maruli Manurung dan Dr. Achmad Nizar Hidayanto. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan, yakni 3,76. Sebagai penutupan sidang, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan oleh Fasilkom UI kepada Dr. Elviawaty Muisa Zamzami. Dengan harapan, hasil penelitian dalam disertasi tersebut dapat terus dikembangkan dan direalisasikan sehingga berguna bagi pengembang perangkat lunak.

Leave a Reply