Workshop: Developing Online Education

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Workshop: Developing Online Education
10-13 Juni 2013, Universitas Indonesia
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASILKOM UI) bekerjasama dengan Direktorat Belmawa Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dan Department of Engineering Education of Utah State University menyelenggarakan Workshop berjudul “Developing Online Education” sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan pembelajaran online di Indonesia. Workshop diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Kampus Depok, pada tanggal 10-13 Juni 2013. Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan membekali peserta dengan pengetahuan dalam pengembangan kurikulum pembelajaran online. Peserta workshop berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia yang telah mengembangkan pembelajaran online.

Workshop ini didahului dengan tahapan pertama (pre-workshop) yang diselenggarakan secara online baik sinkronus maupun asinkronus dengan difasilitasi LMS (https://doed.cs.ui.ac.id/kelas/). Pada tahapan ini peserta mendapatkan pengalaman secara langsung sebagai pembelajar dalam kelas online (online learners). Penugasan yang diberikan selama tahap pertama mempersiapkan mereka untuk mengikuti tahap berikutnya.

Workshop diselenggarakan secara tatap muka dan dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada workshop ini peserta dapat berinteraksi dengan fasilitator dan narasumber. Selain itu peserta dapat berinteraksi dengan praktisi secara sinkronus dengan praktisi terkemuka dari USA.

Di akhir workshop peserta akan mendapatkan penugasan yaitu merancang workplan pembelajaran dari mata ajar yang diampu dan mengembangkan materi ajar elektronik. Penyusunan materi ini dilakukan selama tahapan ke tiga yang berlangsung dari bulan Juni sampai November 2013 di bawah bimbingan fasilitator secara online, dimana mereka diberikan beberapa materi dan penugasan dari fasilitator yang dilakukan secara online.

Para pakar pembelajaran online yang menjadi nara sumber dan fasilitator pada workshop ini yaitu Prof. T.Basaruddin, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI), Paulina Pannen, Ph.D (Dekan Sampoerna School of Education), Kurt Becker, Ph.D (Professor & CEER Director, Department of Engineering Education, Utah State University), Oenardi Lawanto, Ph.D (Assistant Professor, Department of Engineering Education, Utah State University), Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D (Dosen Fasilkom UI), Kasiyah,M.Sc (Dosen Fasilkom UI), Prof. Heru Suhartanto, Ph.D (Dosen Fasilkom UI) dan Rizal F.Aji, M.Kom (Dosen Fasilkom UI).

Melalui workshop ini diharapkan menjadi titik awal bertemunya para pakar dari berbagai perguruan tinggi untuk membangun komunitas praktisi pengembang pembelajaran online dalam rangka mendukung misi Kementerian Pendidikan Nasional dalam pemerataan akses pendidikan, ketersediaan sumber belajar yang terjangkau dan berkualitas.

Leave a Reply