Seminar Reboan : Trends of Mobile Internet Usage in Japan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar Reboan : Trends of Mobile Internet Usage in Japan

Seminar Reboan Fasilkom UI Rabu (20/2), menghadirkan pembicara Prof Sawako Nohara President & CEO, IPSe Marketing, Inc. dengan topik seminar “Trends of Mobile Internet Usage in Japan”. Beliau adalah anggota dari Nippon Telegraph and Telephone (NTT) Docomo.

Jumlah pengguna internet yang besar dan berkembang telah mewujudkan budaya internet. Jepang merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Jepang yang akrab dengan teknologi. Jepang memiliki koneksi internet, konektivitas, dan broadband yang tinggi, yang mampu mengakses sebuah situs dalam hitungan detik.

Perkembangan penggunaan internet di Jepang cukup pesat, begitu pula perkembangan ponsel yang akrab dengan internet dan menawarkan akses lebih murah serta menyenangkan. NTT Docomo merupakan salah satu perusahaan mobile communication operator terbesar di dunia, yang sangat berpengaruh besar didalam proses pengembangan teknologi telepon genggam dan standar telepon genggam di Jepang. Masyarakat Jepang sendiri lebih memprioritaskan produk dalam negeri daripada luar negeri dan mendominasi pasar lokal.

Pada tahun 2011, Android dan iOS, yang menjadi pemegang pasar utama untuk OS smartphone di Jepang, telah mengoperasikan aplikasi platform distribusi mereka sendiri. Demi menghadapi persaingan yang sedang berkembang pesat di Jepang. Hal ini mendorong Docomo untuk melakukan inovasi produk yang tidak kalah hebat dengan Android dan iOS, dengan cara memperkaya fitur-fitur yang dapat dibeli konsumen dengan mudah. Indonesia adalah negara yang cukup pesat dalam pengembangan teknologi. dan untuk kedepannya, Prof. Sawako Nohara berharap Indonesia dapat bekerjasama dengan Jepang, untuk menghasilkan karya dan ide-ide baru yang inovatif.

Leave a Reply