Seminar Reboan Series: The Emerging World of the Digital Engineer

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar Reboan Series: The Emerging World of the Digital Engineer

Rabu (20/2) Fasilkom UI menyelenggarakan Seminar Reboan Series yang salah satu pembicara adalah dari Chevron Corporation yaitu Jim Crompton. Beliau adalah seorang senior advisor global upstream IT organization dan bekerja sebagai spesialis strategi proyek yang berfokus pada potential intersection IT dalam hubungannya dengan peluang bisnis upstream serta pengembang solusi/kompetensi. Sesi seminar Prof. Jim Crompton dilaksanakan mulai pukul 14.45 WIB di AULA Fasilkom UI dengan topik “The Emerging World of the Digital Engineer”.

Industri energi di seluruh dunia sedang menghadapi perubahan demografi yakni The Big Crew Change. Dalam hal ini, kemampuan organisasi sangatlah penting dalam menghadapi perubahan demografi yang lebih besar. Organisasi harus mampu mengikuti pertumbuhan IT (information technology) yang dilakukan oleh pemuda-pemuda profesional. Terutama bila pemuda profesional tersebut dapat mengkombinasikan pengetahuan IT dengan konteks gas dan minyak (industri energi). Mereka inilah yang disebut dengan digital engineers.

Perubahan besar yang terjadi juga terpicu karena adanya penyatuan antara teknologi, ilmu, bisnis dan manajemen. Faktanya adalah seorang profesional IT, juga memerlukan keahlian dalam beberapa bidang. Dorongan ini memaksa profesional IT untuk tidak hanya ahli dalam kemampuan teknikal saja tetapi juga dapat memahami bisnis-industri, proses, lingkungan, customers, budaya dan aturan. Dalam hal ini dibutuhkan suatu multidisiplin untuk mengintegrasikan berbagai aspek tersebut. “Kepandaian dalam banyak hal akan sangat penting”, ungkap Jim siang itu.

Berkembangnya profesional IT tersebut menuntut kemampuan organisasi untuk dapat menangkap peluang bisnis bahwa dengan fungsi IT akan dapat memaksimalkan proses kerja organisasi dalam industri energi. Bahkan fungsi tersebut dapat memberikan pengaruh langsung pada output baik services maupun product. Untuk itu langkah yang tepat adalah ketika organisasi mampu memanfaatkan dan mengintegrasikan digital engineers. Sebagai penutup seminar, Jim berpesan “many ways to get your target. Find and follow your passion, Challenge yourself and Develop your networking skills”. (IP)

Leave a Reply