Gallery.CS : Meretas Jiwa Entrepreneur di Bidang IT

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Gallery.CS : Meretas Jiwa Entrepreneur di Bidang IT
https://gallery.cs.ui.ac.id

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) sebagai institusi yang berperan dalam pengembangan riset di bidang Informasi dan Teknologi (IT), kini menghadirkan Gallery.CS sebagai portal yang menampilkan produk penelitian, produk tugas kuliah, bisnis inkubator, games maupun aplikasi di bidang IT lainnya. Melalui pembelajaran di perkuliahan yakni di bawah bimbingan dosen dan peneliti yang kompeten di bidangnya, mahasiswa memperoleh pengalaman praktis dalam berbagai platform dan aplikasi. Mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan diantaranya software engineering dan project management, sehingga kemudian mereka mampu mengembangkan aplikasi yang berdaya guna dan berkualitas serta menghasilkan games yang menarik.

Pada Februari 2013, Fasilkom UI secara resmi menerbitkan Gallery.CS untuk display beragam produk IT sebagai wujud kontribusi pada masyarakat. Tujuan dari Gallery.CS adalah untuk meretas jiwa entrepreneur dan inovasi karya anak bangsa. Sejalan dengan pernyataan Bob Hardian, Ph.D (pengajar “Technopreneurship” dan peneliti Fasilkom UI) yang meyakini bahwa inisiatif ini akan dapat membangun jiwa-jiwa, pemikiran serta mindset akan kewirausahaan (entrepreneurship). “Kuliah bukan hanya mencari nilai, tetapi mengubah mindset dan menghargai proses sebagai fokus penilaian”. Diharapkan dengan kehadiran Gallery.CS, Fasilkom UI dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas.

Gallery.CS menampilkan banyak karya, yang beberapa diantaranya dihasilkan dari tugas dalam perkuliahan di Fasilkom UI. Beberapa karya tersebut juga telah meraih penghargaan dan prestasi pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa diantaranya telah dipublikasikan di Android Market dan Nokia Ovi Store.

Pada sisi bisnis inkubator, Fasilkom UI mengelola beberapa unit yang berbasis pada penelitian dan inovasi mahasiswa, diantaranya yaitu “Veda” (solusi elektronik untuk Smarthome & Energy Monitoring platform), “EUIS” (aplikasi pendidikan untuk sistem informasi akademik) dan “Indonesia Government 2.0” (aplikasi yang dikembangkan untuk pemerintah daerah di Indonesia). Pada aspek games, ditampilkan beberapa games hasil karya inovasi mahasiswa Fasilkom UI.

Leave a Reply