Promosi Doktor Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASILKOM UI) menganugerahkan gelar doktor bidang Ilmu Komputer kepada R. Yugo Kartono Isal dengan yudisium sangat memuaskan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Parsing and Ranking in Word-Based Block-Sorting Text Compression” pada sidang terbuka Senat UI yang berlangsung Selasa, 17 Juli 2012 di Aula Fakultas Ilmu Komputer UI, Kampus UI Depok.

Sidang promosi dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D., dengan anggota penguji, yaitu Prof. Dr. Aniati Murni, Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, L. Yohanes Stefanus, Ph.D, Hisar Maruli Manurung, Ph.D dan Dr. Oerip S. Santoso. Bertindak sebagai promotor Prof. T. Basaruddin, Ph.D dan kopromotor, Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D.

Disertasi ini membahas mengenai pengembangan algoritma block-sorting dari character-based menjadi word-based dengan menambahkan suatu tahapan parsing di awal. Dibutuhkan suatu metode parsing yang cocok untuk mengubah sebarisan karakter menjadi sebarisan words (direpresentasikan dengan bilangan integer yang besar). Masalah lain yang muncul yaitu pada tahapan ranking, dimana metode Move-To-Front yang konvensional tidak lagi praktikal untuk menangani alphabet integer yang besar. Disertasi ini menawarkan metode implicit-dictionary spaceless words parsing dan metode ranking alternative untuk digunakan pada kompresi teks dengan word-based block sorting. Metode ranking yang ditawarkan menggunakan suatu forest of splay trees dengan ukuran partisi dan menggabungkannya dengan strategi promosi/ demosi, dan berhasil mengeksploitasi skewness dari distribusi words yang umumnya terdapat pada input teks. Hasil eksperimen memperlihatkan bahwa word-based mengkompresi lebih efektif dibandingkan character-based, dan dapat disejajarkan dengan sistem kompresi untuk teks terbaik saat ini.

Presentasi hasil penelitian yang gemilang ini ditutup dengan penganugerahaan gelar Doktor Ilmu Komputer pada Yugo Isal menjadi Dr. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc. Beliau adalah doktor ke-23 yang lulus dari program Doktoral, Fakultas Ilmu Komputer UI. Hasil penelitiannya yang sangat aplikatif, diharapkan dapat bermanfaat bagi pengetahuan dalam bidang ilmu komputer.

Leave a Reply