Pengukuhan Guru Besar Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Pengukuhan Guru Besar Fasilkom UI

Pada hari Sabtu, tanggal 21 April 2012 telah berlangsung Pengukuhan Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer  (FASILKOM) UI, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D. Beliau menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul “Pemanfaatan Bersama Sumber Daya Pembelajaran Berbasis TIK dalam Pendidikan Terbuka (ICT Based Learning Resources Sharing in Open Education” dihadapan Rektor Universitas Indonesia – Prof. Dr. der. Soz. Gumilar Rusliwa Somantri, Ketua Dewan Guru Besar – Prof. Biran Affandi, Ketua Senat Akademik Universitas – Prof. Sudianto Kamso, Dekan FASILKOM UI – Prof. T. Basaruddin, PhD., beserta seluruh jajaran Guru Besar Universitas Indonesia.

Turut hadir pula dalam Pengukuhan Guru Besar ini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Ir. Tifatul Sembiring, Dirjen Aplikasi Informatika, Dr. Ir. Ashwin Sasongko, M.Sc; Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A; Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, Ir. H. Irman, M.Si; Kepala Bapepam Kementerian Keuangan RI, Ibu Nurdiah; Wakil Rektor I Universitas Al Muslim, Bireun, Aceh, Ibu Mardiana Irawaty.

Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D telah menyelesaikan pendidikan Doktor-nya di Indiana University pada tahun 1995, dan hingga kini mendedikasikan dirinya sebagai salah satu staf pengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASILKOM UI). Beliau adalah Project leader dalam pengembangan E-library dan juga E-learning di Universitas Indonesia, yang  bekerjasama dengan Depkominfo.

Dalam pidatonya, Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D memaparkan bahwa salah satu upaya penting yang perlu dilakukan adalah membangun sumber daya pembelajaran berbasis TIK yang bisa dimanfaatkan bersama dalam sistem pendidikan terbuka. Hasil penelitian yang dilakukan di Laboratorium Digital Library dan Distance Learning, Fasilkom UI, menunjukkan bahwa ekosistem pemanfaatan bersama sumber daya pembelajaran dalam sistem pendidikan terbuka dapat digunakan untuk membantu membangun sumber daya pembelajaran berbasis TIK.

Penelitian yang dilakukan Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D menyangkut pengembangan sistem digital library yang terdistribusi, sistem e-learning yang berorientasi kepada learner, dan multimedia information retrieval system. Salah satu hasil penelitian ini berupa virtual repository sumber daya pembelajaran dan virtual “university” yang memungkinkan orang bisa mengakses kapan saja dan dimana saja. Selanjutnya, sumber daya pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh setiap pembelajar untuk mendukung long life learning.

FASILKOM UI mengucapkan Selamat dan Sukses untuk Guru Besar Bidang Ilmu Komputer, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D. Semoga ilmunya dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply