Fasilkom UI Menempati Urutan Satu di Indonesia dan 251-300 versi QS World University Ranking 2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Menempati Urutan Satu di Indonesia dan 251-300 versi QS World University Ranking 2024

Depok, 22 April 2024 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) berhasil menduduki peringkat #251-300 dalam pemeringkatan dunia berdasarkan subjek versi Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) 2024 dan menjadi nomor satu di Indonesia. UI juga mengalami peningkatan capaian pada narrow subject yang mana tahun lalu mendapati sebanyak 13 narrow subject keilmuan dengan menempatai peringkat 1 di Indonesia, kini kembali meningkat menjadi 20 narrow subject dan masih menempati peringkat 1 di Indonesia, dimana salah satu subjeknya yaitu bidang Computer Sciences & Information System.

Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. menyatakan bahwa Fasilkom UI konsisten dalam memberikan mutu pendidikan, “Tren positif ini menunjukan konsistensi Fasilkom UI dalam peningkatan mutu pendidikan dan kualitas penelitian. Terbukti dalam lingkup nasional, UI mengungguli perguruan tinggi lain khususnya dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi,” ungkapnya.

Pemeringkatan tersebut dikeluarkan setiap tahunnya oleh QS WUR yang menjadi salah satu acuan global bagi masyarakat untuk dapat mengenal universitas-terkemuka dunia pada bidang ilmu tertentu. Penilaian berdasarkan beberapa indikator yaitu, jumlah sitasi penelitian, h-indeks yang mengukur produktivitas dan pengaruh penelitian yang telah dipublikasikan, reputasi akademik, dan hasil survei global.

QS WUR by Subjects 2024 diikuti oleh 1.559 institusi dengan 64 universitas merupakan peserta baru. Pemeringkatan ini menampilkan 55 narrow subject yang dikelompokkan dalam lima broad subject. Terdapat lima indikator dalam pemeringkatan, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index, dan International Research Network (IRN). Informasi detail terkait QS World University Ranking by Subject 2024 dapat diakses pada laman: https://www.topuniversities.com/subject-rankings.