Fakultas Ilmu Komputer Raih 5 Penghargaan Dalam Perayaan Puncak Dies Natalis ke-74 Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fakultas Ilmu Komputer Raih 5 Penghargaan Dalam Perayaan Puncak Dies Natalis ke-74 Universitas Indonesia

Depok, 22 Februari 2024 – Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) ikut menyemarakkan perayaan puncak Dies Natalis ke-74 UI bertemakan ‘Sinambung Membangun Indonesia Lestari’ yang berlangsung di Balaiirung, Kampus UI Depok. Dalam kesempatan yang sama Fasilkom UI meraih beberapa penghargaan sebagai fakultas terbaik dibeberapa kategori baik di tingkat fakultas maupun individu.

Untuk kategori fakultas, Fasilkom UI terpilih di urutan dua pada kategori penyelenggaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri – Pre University terbanyak dengan jumlah total 378 peserta. Kemudian, Fasilkom UI juga terpilih sebagai salah satu fakultas dengan pengelolaan website terbaik.

(atas) Bapak Fariz Darari, Ph.D. menerima penghargaan dosen dengan peserta MOOCs UI terbanyak; (bawah) Prof. Harry Budi Santoso (tengah) menerima penghargaan peneliti terbaik rumpun sainstek UI.

Bapak Fariz Darari, Ph.D. selaku dosen Fasilkom UI terpilih sebagai dosen penyelenggaraan Massive Open Online Courses (MOOCs) UI dengan jumlah peserta sebanyak 290 peserta UI dan non-UI. Judul MOOCs yang diusung yaitu, Knowledge Wealth and Imbalances: A Computational Perspective. 

Masih pada kategori penghargaan individu, dua nama guru besar Fasilkom UI terpilih sebagai peneliti dengan dampak riset terbaik dalam rumpun sains teknologi. Mereka adalah Prof. Dr. Indra Budi dan Prof. Harry Budi Santoso, Ph.D. Tidak berhenti di situ Fasilkom UI masih mempertahankan gelar juara kategori penyanyi solo terbaik dalam gelaran Dies Natalis UI terhitung sejak tahun lalu. Prestasi dari bidang seni tarik suara tersebut diraih oleh Aliyah Faza Qinthara yang merupakan mahasiswa program Sarjana Ilmu Komputer angkatan 2022. 

Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Petrus Mursanto menyampaikan bahwa untuk menjaga komitmen dalam peningkatan kualitas akademik maka diperlukan rasa ingin tahu yang tinggi dan bersemangat untuk berimajinasi. Maka dari itu ia juga menegaskan Fasilkom UI tidak hanya membayangkan masa depan, namun turut menciptakannya.