Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Fasilkom UI Berbagi Pengetahuan Kerajinan Kain Jumputan Berumur Ratusan Tahun Ala Negeri Sakura, Shibori

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Fasilkom UI Berbagi Pengetahuan Kerajinan Kain Jumputan Berumur Ratusan Tahun Ala Negeri Sakura, Shibori

Depok, 25 November 2023 – Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar pelatihan membuat kain Shibori yang dikenal sebagai jumputan ala Jepang pada Sabtu, 25 November 2023 di Gedung B Fasilkom UI, Kampus Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan membuka wawasan seni kerajinan Shibori sekaligus mengasah kreativitas para perempuan civitas akademika Fasilkom UI termasuk melibatkan partisipasi keluarga.

Kegiatan tersebut mengundang salah satu penggiat seni shibori dari Bandung, yakni Ekwal yang selain berfokus pada pelatihan membuat shibori juga memiliki produksi tas dan pakaian bermotif Shibori. Materi yang diberikan diawali dengan pengenalan tentang asal usul  shibori hingga praktik langsung membuat beberapa motif Shibori melalui media kain yang disediakan. Para peserta  diperbolehkan membawa baju atau tas yang akan diproses ulang dengan teknik Shibori ini. Dengan demikian pelatihan ini pun membawa nilai positif lain yakni, reuse dan recycle, sebagai bagian dari kepedulian para peserta dalam merawat bumi.

Ketua IWK Fasilkom UI, Ibu Dyah Prawitasari mengatakan bahwa kegiatan seperti ini bertujuan untuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat umum. “Acara ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang Shibori dan teknik-teknik pewarnaan yang menjadi ciri khasnya.  Peserta diharapkan akan mendapatkan informasi mengenai sejarah Shibori, teknik dasar Shibori hingga pengalaman baru berkreasi dengan membuat kain Shibori menggunakan pewarna alam,” ungkapnya. Keterlibatan keluarga dalam kegiatan ini juga membawa maksud tertentu yakni meluangkan waktu bersama keluarga dalam bentuk kegiatan yang berbeda. 

Antusiasme sivitas akademika Fasilkom UI juga terlihat dari catatan total peserta yang hadir, semula hanya tersedia 20 orang namun yang hadir melebihi kuota. Para peserta yang mengikuti acara kegiatan tersebut terdiri dari dosen, tenaga kependidikan hingga elemen unit kerja lainnya. Lebih lanjut mengenai Shibori, Shibori berasal dari kata kerja dalam bahasa Jepang yang memiliki arti yaitu teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Beberapa motif dasar Shibori tidak ubahnya seperti motif batik tulis, yang dapat dikembangkan sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta. Diharapkan dengan adanya pelatihan Shibori ini, para peserta dapat mengembangkan motif yang lebih beragam dan bahkan nantinya dapat menjadi produk yang memiliki nilai jual.