Mata Kuliah Technopreneurship Fasilkom UI Terima Kunjungan Sosialisasi Program UI Incubate 2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mata Kuliah Technopreneurship Fasilkom UI Terima Kunjungan Sosialisasi Program UI Incubate 2024

Depok, 30 Oktober 2023 – Mata kuliah Teknoprenuership (Kewirausahaan) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yang diajar oleh Dr. Muhammad Rifki Shihab dan Bob Hardian Syahbuddin, Ph.D., menerima kunjungan sosialisasi program venture building pendanaan UI Incubate 2024 di Aula Gedung C Fasilkom UI, Kampus Depok.

Tujuan kunjungan tersebut yang diwakili oleh tim Direktorat Inovasi, dan Science Techno Park UI serta-merta untuk menyinergikan mata kuliah Kewirausahaan UI dengan beberapa program UI Incubate 2024 antara lain, menjaring kekayaan intelektual potensial dari Fakultas dan menjaring tim startup atau bisnis/founder untuk bergabung ke program pendanaan.

Dr. Muhammad Rifki Shihab selaku dosen Fasilkom UI yang mengajar kelas kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) ini menegaskan bahwa program UI Incubate merupakan program  yang sangat bagus untuk memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan sebuah startup. “Program UI Incubate dapat membantu mahasiswa mewujudkan ide-ide bisnisnya — lebih dari sekedar catatan dalam kertas atau tugas kuliah — tetapi menjadi sebuah aksi nyata yang berkelanjutan.”

Dalam kesempatan yang sama para mahasiswa yang hadirpun terlihat antusias untuk mengikuti program UI Incubate 2024 tersebut. UI Incubate merupakan program pendanaan tahunan untuk mendorong tumbuh-kembangnya University Startup Companies berbasis inovasi milik dosen, mahasiswa, maupun alumni UI. Program ini diawali dari program-program pra-inkubasi seperti Wirausaha Merdeka, Mata Kuliah Kewirausahaan, dan Pelatihan Bootcamp.

Untuk mengikuti UI Incubate, tim pengusul harus terdiri dari pengusul utama (satu dosen) dan anggota pengusul (tiga hingga lima mahasiswa dan/atau alumni UI). Tim pengusul juga perlu mempersiapkan proposal yang mencakup ide, prototype, dan produk siap jual. Peserta yang lolos tahap seleksi akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti skema program inkubasi yang terdiri dari Problem Solution Fit, Product Market Fit, dan Scale Up.

Informasi selengkapnya silahkan kunjungi laman https://distp.ui.ac.id/