Fasilkom Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Zona Integritas Award 2023 Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Fasilkom Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Zona Integritas Award 2023 Universitas Indonesia

Depok, 3 November 2023 – Fakultas Ilmu komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) raih penghargaan pada Zona Integrasi (ZI) UIAward 2023 dalam Awarding Ceremony di Auditorium Mochtar Riady Fisip UI pada tanggal 3 November 2023. Acara penganugerahan dibuka dengan sambutan dari dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., selaku Sekretaris Universitas. Ia menegaskan kegiatan ZI UI Award ini merupakan bentuk dukungan, semangat dan apresiasi terhadap pembangunan dan penyelenggaraan kegiatan di lingkungan UI. Oleh karena itu fakultas dan unit kerja sekiranya dapat termotivasi untuk melaksanakan pembangunan ZI sehingga mampu menerapkan serta memberikan pelayanan prima. Lebih lanjut Ibu dr. Agustin menggarisbawahi terkait penyelenggaraan ZI UI Award ini adalah upaya  masing-masing fakultas dan unit kerja untuk terus-menerus menjadi lebih baik dengan niat melaksanakan reformasi birokrasi yang berorientasi pada perbaikan diri, peningkatan mutu yang dikenal sebagai prinsip ‘Continuous Improvement’.

Fasilkom UI sukses membawa pulang satu penghargaan UI ZI Award 2023, yaitu juara terbaik kategori Pelayanan Publik. Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., mengapresiasi apa yang telah dicapai Fasilkom UI pada ZI UI Award tahun ini. “Penghargaan yang diraih Fasilkom UI merupakan wujud implementasi tentang pembangunan dan evaluasi ZI yang diperkuat oleh sistem pelayanan publik yang dimiliki Fasilkom UI. Hal ini jelas berkesinambungan dengan tema ZI UI kali ini yaitu ‘Transformasi Digital dan Zona Integritas di Perguruan Tinggi serta Sektor Publik: Peluang dan Tantangan’. Ungkap Dekan Mursanto.  

Dalam penyelenggaraan ZI UI, Fasilkom UI memiliki lima poin sistem pelayanan publik yang dimiliki antara lain, Whistle Blowing system; Sistem Informasi Ruang; Sistem Informasi Surat; Sistem Informasi Sidang; dan Portal Aplikasi Fakultas. UI ZI Award 2023 merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dan diikuti oleh seluruh fakultas dan sekolah di lingkungan UI. Penghargaan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan reformasi birokrasi di level universitas untuk menciptakan ZI menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Dalam kesempatan yang sama acara diskusi terbuka juga mewarnai sesi awarding ceremony ini. Kegiatan diskusi tersebutdihadiri oleh Andi Widjajanto, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional; Dr. Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan, Komisi Pemberantasan Korupsi; Ir. Mochamad Hadiya, M.Eng., Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kominfo; dan M. Ali Akbar, S.E., M.BA, Koordinator Tim Reformasi Birokrasi, Sekretariat Jenderal Ditjen Diktiristek.